Kendaraan Terendam Banjir Jangan Paksa Dinyalakan, Begini langkahnya!



Beritainspiratif.com - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di sekitar Jakarta akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan banyak kendaraan yang terendam banjir.

Banjir yang datang tersebut selain merendam rumah, juga ikut merendam kendaraan sehingga berakibat kendaraan mogok dan bahkan dapat merusak onderdil.

Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada kendaraan, anda  perlu mengetahui langkah awal yang harus  dilakukan oleh pemilik mobil atau sepeda motor yang terendam banjir.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bila mobil terendam air saat banjir, yang dikutip antara, yakni sebagai berikut:

Lepas Aki Mekanik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepas aki. Bila aki telah dicabut, maka kemungkinan terjadinya korsleting listrik pada mobil bisa dihindari. Setelah itu, dorong mobil menuju area lebih aman yang telah terlepas dari genangan air.

Jangan Memaksa Nyalakan Mobil

Harap diingat oleh para pengemudi mobil untuk tidak langsung memaksa menyalakan mobil, pada saat mobil mendadak mati akibat terendam banjir.

Hal tersebut dapat memicu kerusakan pada mesin.

Sebaiknya jangan langsung dihidupkan, diderek saja. Itu biasanya kalau kondisi panas terus dipaksa hidup, itu bisa jebol mesinnya, karena suhu (mesin) tinggi lalu kena air dingin, itu langsung jebol (mesinnya).

Sebaiknya kalau banjirnya enggak surut-surut, diderek saja. Jangan dipaksakan hidup nanti bisa merembet ke semua elektrikalnya pasti rusak.

Bersihkan dan Keringkan Komponen

Bila mobil telah berada pada posisi yang aman, langkah berikutnya yaitu membersihkan dan mengeringkan komponen-komponen yang terendam banjir.

Komponen-komponen itu di antaranya seperti distributor, koil, busi, Engine Control Unit (bila terdampak), serta komponen lainnya yang masih berkaitan dengan kelistrikan, termasuk soket, sekring, dan kabel.

Semua yang berhubungan dengan kelistrikan atau elektrikalnya disemprot pakai kompresor sampai bersih, baru dihidupkan lagi mobilnya.

Apabila mobil masih juga tidak dapat menyala, Hamim menyarankan untuk memanggil mekanik atau derek dan membawa mobil tersebut menuju bengkel mobil terdekat.

Yanis

Berita Terkait