Kenapa Orang Hebat, Lahir dari Desa

Beritainspiratif.com – Dari banyaknya kisah inspiratif bangsa kita, Mereka yang hebat justru bukan dari orang- orang hebat yang tinggal serba ada di kota metropolitan, tapi justru dari desa, dari pinggiran, dari daerah kumuh, yang tingkat ekonomi dan kesejahteraanya biasa saja.

Ada banyak sekali contoh orang desa yang lalu sukses. Tak tanggung- tanggung, kesuksesan mereka bahkan melampaui berbagai generasinya. Salah satu orang yang bisa kita jadikan contoh adalah presiden ketujuh Indonesia.

Desa dan Kentalnya budaya masa lalu

Nusantara memiliki gaya hidup yang unik, berbeda dengan banyak negara- negara lain, misalnya di Benua Eropa, Amerika, atau bahkan di Asia Timur. Nusantara sangat kental dengan tradisionalitas, dan sepertinya dengan itulah wilayah ini berkembang dan melintasi generasi-generasinya.

Masyarakat terbiasa hidup apa adanya, sederhana. Sebagian besar dari mereka hidup sederhana bukanlah sebuah pilihan, tapi keterpaksaan karena tidak memiliki banyak kekayaan. Potret kaya – miskin ini bukan saja kentara akhir- akhir ini, tapi sejak dahulu kala.

Dalam agama Hindu, ada kastanisasi. Masing- masing kasta tak bisa membaur, karena memiliki wilayah dan semacam levelnya sendiri- sendiri. Kehidupan itu berlangsung sangat lama, sampai masuknya islam di Nusantara. Bahkan, setelah islam masuk pun, budaya itu tetap berlaku, misalnya dalam beberapa kerajaan di tanah jawa. Salah satu kerajaan yang menerapkan itu adalah Kasultanan Mataram atau Keraton Yogyakarta.

Dalam kehidupan kehidupan keraton, jauh sekali jarak antara abdi dalem dengan kerabat keraton. Antara mayarakat biasa dengan pemangku kebijakan di keraton. Ruang yang berbeda itu sama sekali tak bisa dicampur, sehingga ada kesenjangan yang jauh, ada tingkat kesejahteraan hidup yang juga jauh.

Dari beberapa jenis perbedaan itu, lalu akan muncul keinginan untuk mengangkat derajat sebuah keluarga. Tekad itu biasanya dimiliki dan dilakukan oleh anak- anak desa. anak- anak yang lahir dalam kondisi keluarga kurang mampu memiliki etos kerja dan etos berkembang sangat tinggi. Mereka akan melakukan apa saja demi kehidupan yang lebih baik.

Anak Desa Kaya Inisiatif

Seorang anak desa, yang karena dia ingin bermain dengan teman-temannya sementara tak punya uang untuk membeli berbagai jenis permainan, akhirnya membuat permainan sendiri, dari kayu, dari serabut kelapa, dari batang pisang pisang, bambu, dan apa saja yang dia punya.

Impian- impian besar mereka akan tumbuh seiring dengan inisiatif yang berhasil dibangun sedikit-demi sedikit. Suatu hari saat mereka mampu dan punya kesempatan, anak desa akan terus ingat bahwa masa kecilnya penuh perjuangan .

Anak desa Punya Cita-cita dan Totalitas yang Kuat

Seorang anak desa, yang lahir dan besar dengan kondisi yang serba kekurangan, pasti berbeda dengan orang kota yang hidupnya serba tercukupi. Meskipun tidak semua orang kota bernasib baik, tapi tempat tinggal ini seperti memiliki kekuatan tersendiri.

Semangat yang dimiliki orang desa, yang ditempa dari banyaknya kekurangan hidupnya, dari keinginan yang tinggi untuk mengankat derajatnya dan keluarganya, akan sangat dahsyat dan memiliki kekuatan yang jauh lebih lebih hebat dari sekedar anak- anak yang hidupnya dijamin dengan ekonomi berlebih.

Orang desa yang dengan berbagai keterbatasan yang dia miliki, suatu saat ketika dia sudah berhasil, tidak akan mudah melupakan dan terbawa arus dunianya yang baru. Dia akan tetap teguh, mengingat betapa dulu hidupnya jauh dari kondiosinya sekarang. Nilai itulah yang mungkin menjadi salah satu motivasi orang- orang desa bisa menjadi orang besar di kemudian hari.

Anak Desa Keinginan Merantaunya Tinggi

Sebagian besar orang sukses, bukan dari daerah aslinya dimana dia dilahirkan dan sukunya berasal. Sebagian besar itu adalah orang – orang yang merantau, mencari kehidupan baru dan mengadu nasib di tempat baru.

Perantauan memang bukan tempat pilihan untuk berleha- leha, santai dengan keadaan yang seadanya. Nerimo ing pandum, tidak lagi menjadi semboyan masyarakat yang telah meninggalkan kampung halamannya.

Di tempat yang baru, anak desa pasti menemui banyak sekali tantangan. Kesulitan yang dia rasakan pasti akan membuat dia terpaksa, sehingga harus melakukan apapun untuk bertahan dan agar tetap hidup.

Jauh dari keluarga, jauh dari sanak saudara, mungkin itulah alasan yang membuat motivasi mereka semakin tinggi. Kepercayaan diri mereka meningkat. Malu mereka hilang. Orang perantauan yang memiliki niat dan tekat untuk mengubah hidup, semua dari mereka pasti sukses di kemudian hari.

Banyak sekali alasan kenapa desa adalah tempat yang banyak melahirkan orang- orang hebat. Karena ditempa, karena diberi nilai, karena mereka punya cita- cita yang tinggi. Kalau kamu bagian dari anak desa, masihkan kamu berpikir panjang untuk berlama-lama menanti kesuksesanmu?

(Yanis)

Sumber : memulay.wordpress.com &kompasiana.com

Bagikan: