Kenapa Ban Kendaraan Anda Bisa Gundul



Beritainspiratif.com - Coba perhatikan ban sepeda motor atau mobilmu. Kalau ban itu sudah cukup lama, pasti akan sedikit gundul. Hmmm, kok bisa jadi gundul? Jangan-jangan ini karena jalan bisa mengikis ban sehingga semakin lama semakin gundul? Sayangnya, hal ini benar. Tetapi jangan khawatir karena ini adalah hal yang lumrah terjadi.

Sepintas, memang tidak terjadi apa-apa saat kamu mengendarai sepeda motor atau mobilmu di jalan raya. Semua terlihat mulus-mulus saja. Akan tetapi, yang terjadi antara ban dengan jalan  tidaklah semulus yang kamu kira. Antara ban dengan jalan terjadi gaya gesek. Gaya ini memang gaya yang selalu ada saat sebuah benda bergerak di atas permukaan benda lainnya.

Nah, akibat gaya gesek ini ada sebagian benda yang terkikis oleh benda yang lain. Dalam hal ini, jelas bahwa struktur ban lebih lunak daripada struktur permukaan jalan. Akibatnya, mau tidak mau ban harus merelakan sedikit molekulnya terkikis oleh permukaan jalan setiap kali ia bergerak di atas jalanan. Inilah yang mengakibatkan ban bisa gundul, karena semakin lama semakin banyak molekul ban yang terkikis.

Lantas bisakah gesekan ini diperkecil agar ban tidak cepat gundul? Bisa saja, tetapi akibatnya akan fatal. Jika gesekan antara ban dengan jalan semakin kecil, cengkeraman ban terhadap jalan juga berkurang. Akibatnya, peluang untuk tergelincir juga semakin besar. Contoh yang paling nyata adalah saat jalan menjadi licin karena habis diguyur hujan. Saat itu, gesekan antara ban dengan jalan menjadi lebih kecil karena jalan menjadi licin. Beruntunglah pada permukaan ban mobil atau motor kita terdapat celah-celah kecil. Celah tersebut berfungsi untuk mengalirkan air dan lumpur dari jalan yang licin sehingga gaya gesek antara ban dengan jalan tetap cukup besar. (Yanis)

Sumber : sains.me

Berita Terkait