Kementerian BUMN, FHBUMN, dan KICKS Berikan Edukasi Pencegahan Kanker Serviks



 

JAKARTA. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerjasama dengan Forum Humas BUMN (FHBUMN) dan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), menggelar talkshow dengan tema "Sayangi Dirimu dan Keluargamu" yang bertempat di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (26/10).

Acara yang juga dihadiri oleh humas-humas BUMN, karyawan Kementerian BUMN, serta wartawan-wartawan ini merupakan upaya untuk mendukung kampanye dalam mencegah kanker serviks.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan, acara ini digelar dalam upaya edukasi dan sosialisasi pencegahan kanker serviks yang juga mendukung program pencegahan kanker serviks yang digagas oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE).

"Kegiatan ini juga bersamaan dengan bulan kanker yang merupakan bentuk kepedulian Kementerian BUMN dalam mendukung program pemerintah Peduli Kanker," ungkap Rini.

Senada, Staf Khusus III Menteri BUMN Devy Suradji menambahkan, tujuan diselenggarakannya talkshow ini adalah untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai kasus kanker serviks yang terus meningkat di Indonesia.

Karena itu ia mengimbau masyarakat untuk segera melakukan pencegahan dini agar terhindar dari risiko terkena kanker serviks ataupun terserang virus HPV.

"Yaitu menyebarkan informasi pencegahan HPV melalui vaksin kanker serviks dan penyakit lain yang disebabkan oleh HPV, serta mengajak masyarakat untuk aktif mendukung kegiatan koalisi dalam menekan angka kasus kanker serviks di Indonesia," ungkap Devy.

Selanjutnya, Dr. Totok Imam Soeparmo, SPOG dari Dokter RS Hermina dan RSPAD, sekaligus anggota HOGI, dan Dewan Kehormatan Cancer Information Support Center (CISC) selaku salah satu pembicara mengatakan, kanker serviks merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi yang mengancam perempuan di Indonesia.

Menurut data GLOBOCAN (Global Burden Cancer) yang dirilis oleh WHO/ICO Information Centre on HPV & Cervical Cancer tahun 2012, tercatat 26 perempuan Indonesia setiap hari meninggal karena kanker serviks dan diprediksi terdapat 58 kasus baru setiap harinya.

“Kondisi ini menempatkan Indonesia di posisi teratas dengan kasus kanker serviks paling banyak di Asia Tenggara," kata Totok.

Sementara itu, Ketua Umum FHBUMN Ahmad Reza menambahkan, pihaknya bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan acara.

Hal ini terbukti dengan kehadiran beberapa narasumber dari berbagai profesi, di antaranya Dr. Totok Imam Soeparmo, SPOG dokter dari RS Hermina dan RSPAD, sekaligus anggota HOGI, dan Dewan Kehormatan CISC; Putri Indonesia 2017 dan Duta KICKS Bunga Jelita; artis dan Duta KICKS Dewi Sandra; serta survivor kanker serviks Sumbangsih Elly Mawati.

Di sisi lain, FHBUMN juga melakukan kampanye dan sosialisasi melalui media sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan kanker serviks.

Selanjutnya, kata Reza  beberapa BUMN dan anak perusahaan BUMN turut menyukseskan acara ini, antara lain Pertamedika, IHC, Peruri, IPC, Jamkrindo, Askrindo, BNI, BRI, Bank Mandiri, RNI, Bio Farma, KBN, dan Jasa Tirta II.

"Dalam kegiatan ini juga diadakan tes gratis untuk IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Tes ini dapat dimanfaatkan oleh peserta yang hadir untuk mengetahui secara langsung apakah terkena kanker atau tidak. Tolong disebarkan ke masyarakat bahwa untuk mencegah penyakit kanker serviks ini salah satunya dapat dilakukan melalui tes IVA," tandasnya. [usr]

 

Berita Terkait