Kementan Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2018



Jakarta, Beritainspiratif.com -
Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan tertinggi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 Kategori Mentor kepada Menteri Pertanian yang diwakili oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri di Istana Wakil Presiden di Jakarta pada Rabu (19/12/2018).

“Pemberdayaan perempuan di sektor pertanian menjadi salah faktor penentu dalam efisiensi dan keberhasilan usaha tani” tegasnya.

Dilansir kantor berita antara, Kepala Biro, Kementerian Pertanian ini menjelaskan, Kementan telah memperhatikan keterlibatan gender dalam setiap program dan kegiatannya di tingkat masyarakat pedesaan.

“Kegiatan pertanian adalah kegiatan keluarga petani yang melibatkan laki-laki dan perempuan," ujarnya.

Penerapan mekanisasi pertanian yang berkembang pesat, tetap memperhatikan tingkat ergonomis alat mesin agar bisa dijalankan dengan nyaman oleh perempuan.

Selain itu, tagging anggaran kegiatan yang berbasis gender juga diterapkan dalam kegiatan penerapan pengendalian hama terpadu, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, penyediaan benih dan bibit serta peningkatan produksi pertanian, optimalisasi lahan, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, pengembangan inovasi teknologi pertanian, pelatihan teknis budidaya, kajian gender dalam implementasi asuransi pertanian.

Sebelumnya pada tahun 2012 Kementerian Pertanian mendapatkan penghargaan APE tingkat pratama, di tahun 2014 mendapat APE tingkat Madya, tahun 2016 mendapatkan APE tingkat Mentor atau Penghargaan tertinggi, dan tahun 2018 ini Kementan kembali meraih penghargaan tingkat Mentor.

(Yanis)

Berita Terkait