Kemenko Kemaritiman Turut Mendukung Penguatan Konektivitas dengan Dibukanya Penerbangan Perdana Jakarta-Nias PP

Tangerang,Beritainspiratif.com –  Pemerintah kembali perkuat konektivitas antar wilayah di Indonesia dengan kembali membuka rute penerbangan terbaru yaitu rute Jakarta-Nias PP. Nantinya, rute penerbangan tersebut akan dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan mengoperasikan armada CRJ Bombardier 1000 generasi terbaru yang berkapasitas 96 penumpang.

“Rute penerbangan tersebut sejatinya telah lama diusulkan, dan akhirnya terwujud pada hari ini. Ini adalah hasil kerja keras kita di pemerintah dengan pemerintah daerah dan tentunya pihak Garuda Indonesia. Ini juga sebagai bentuk dukungan penuh kami untuk mendongkrak jumlah wisatawan yang sejalan dengan target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan,” ujar Asdep Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman, Kosmas Harefa yang turut hadir untuk menyaksikan penandatangan rute penerbangan baru antara pihak Pemda Nias dan Garuda Indonesia di Garuda Center, Tangerang, Banten, Rabu (14/11/2018).

Asdep Kosmas menambahkan, Pulau Nias sangatlah tepat untuk dibukanya rute penerbangan langsung, dikarenakan Nias pada saat ini telah bertumbuh menjadi pusat ekonomi baru dan tujuan wisata potensial di wilayah Sumatera.

“Nias sangat terkenal bukan hanya di lokal saja, namun hingga mancanegara. Apalagi Nias sangat potensial di wisata baharinya, misalnya saja siapa yang tidak mengenal ‘ombak terbaik di dunia’ dan juga tradisi luhur ‘lompat batu’ yang tiada duanya di seluruh dunia, pendek kata Nias sangatlah potensial” jelasnya.

Senada dengan Asdep Kosmas, Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah menjelaskan, pelayanan rute penerbangan Jakarta-Nias PP juga sejalan dengan misi Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional yang menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

“Pembukaan layanan penerbangan langsung ke Gunung Sitoli merupakan langkah strategis dalam meningkatkan potensi wisata daerah. Pulau Nias semakin berkembang dengan aktivitas perekonomian yang ramai dan potensi wisata yang sangat menjanjikan. Tentu saja, kota ini memerlukan konektivitas yang cukup baik dengan kota Jakarta dan Kota-kota lainnya di Indonesia dan Internasional untuk menjamin peningkatan perekonomian dan wisatanya ke depan,” katanya.

Penandatatanganan rute penerbangan baru Jakarta-Nias PP dilaksanakan oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah dengan perwakilan dari Pemda Nias diantaranya, Ketua DPRD Nias, Yarehi Laoly, Ketua DPRD Nias Selatan, Hizikia Harefa, Ketua DPRD Nias Barat, Hitema Bulo, Ketua DPRD Gunung Sitoli, Herman Jaya Harefa, Bupati Nias, Sokia Tulo Laoly, Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Bupati Nias Utara, Ingati Lazala, Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, dan Walikota Gunung Sitoli Lakomizaro Zebua. Serta turut disaksikan oleh Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman, Kosmas Harefa dan Staf Khusus Menkumham Yasona Laoly, Ian Siagian.

Adapun, penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Binaka Gunung Sitoli (Nias) akan berangkat pada pukul 07.35 WIB dan akan tiba di Binaka Gunung Sitoli (Nias) pada pukul 09.55 WIB, untuk sementara rute sebaliknya, Binaka Gunung Sitoli – Jakarta akan transit di Padang sebelum melanjutkan penerbangan ke Jakarta. Penerbangan dari Binaka Gunung Sitoli menuju Padang akan diberangkatkan pada pukul 10.50 WIB dan tiba di Padang pada pukul 12.00 WIB dan diberangkatkan menuju Jakarta pada pukul 12.50 WIB dan tiba di Jakarta pukul 15.00 WIB.        (Yones)

Bagikan: