Kemenhub Klaim Persiapan Arus Mudik Sudah 100 Persen

Jakarta, Beritainspiratif.com – Persiapan jalur yang akan dilalui para pemudik pada masa arusbmudik lebaran tahun 2018 di jalur darat, mendekati 100 persen. Hal ini ditegaskan Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto.

Menurut Pandu, pihaknya dan kementerian terkait bersama-sama melakukan peninjauan langsung ke beberapa lokasi secara intensif guna memastikan persiapan tersebut.

“Jadi kalau soal persiapan, saya rasa sudah hampir mendekati 100 persen. Persiapan dimulai dari kordinasi antar Instansi terkait, serta rapat kordinasi sudah kita mulai dari bulan Januari,” kata Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto, dalam acara Mudik Asik, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6).

“Kemudian melakukan kunjungan kelapangan secara bersama-sama, dalam kunjungan tersebut kita akan lihat oh ini kurang rambunya. Pengamanan dilapangan seperti apa, serta sekenario manajemen rekayasa lalu lintas dilapangan seperti apa,” tambahnya.

Untuk infrasrtuktur dari sisi prasarana, kementrian Pekerjaan Umum bekerja cepat batas waktu penyelesaian sampai H-10.

Selain itu, Pandu menambahkan, pihaknya akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk mudik malam hari.

“Nanti di jalan Tol fungsional itu akan diapasang patok yang memiliki reflektor alat pemantul cahaya, beserta lampu penerangan jalan dibeberapa titik untuk meningkatkan pengendara di malam hari,” tambah Pandu.

Pandu mengimbau kepada pengguna agar bisa memahami kondisi ketika mudik lebaran nanti.

“Tentunya dukungan dari masyarakat untuk memahami bahwa ini mudik kondisi tidak normal, terjadi lonjakan. Jadi kesabaran dalam berkendara itu tuntutan bagi pengendara” tutupnya. (Yoc)

Bagikan: