Kembangkan Teh Untuk Diabetes Mahasiswi Unair Raih Medali Emas di China



Surabaya, Beritainspiratif.com – Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga ( Unair) Surabaya Empat mahasiswinya masing-masing atas nama Novia Tri Handika, Indriani Dwi Wulandari, Nurul Hidayati, dan Neisya Pratiwindya Sudarsiwi berhasil mendapatkan medali emas dalam ajang 10th International Exhibition (IEI) and The 3rd World Invention and Innovation Forum (WIIF) 2018 di Foshan, China. Selain mendapatkan medali emas, mereka juga mendapatkan spesial award dari Thailand.

Setho Hadiyusmana, Dosen bimbingan dari Fakultas Keperawatan Unair menyampaikan bahwa mahasiswinya berhasil mengembangkan teh terapeutik yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas hidup penderita Diabetes Mellitus Tipe 2.

Ide tersebut, dengan membutuhkan waktu pengembangan selama lima bulan muncul, karena keluh kesah masyarakat sekitar tempat tinggalnya tentang biaya pengobatan diabetes yang cukup tinggi, Ujar Novia, Jumat (28/9/2018) dari laman Unair Surabaya.

Hasil inovasinya dinamakan Albedo Romin Tea, memanfaatkan kulit ari semangka yang mengandung senyawa citruline yang dapat menurunkan kadar gula darah, lanjut Novia. Citruline merupakan senyawa kimia yang membantu proses produksi insulin pada hati yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Penambahan kelopak bunga rosella yang mempunyai kandungan flavonoid dapat bekerja sebagai anti-radikal bebas dan membantu memperbaiki kinerja sel beta pankreas, di mana sel beta pankreas merupakan produsen insulin pada tubuh.

Selanjutnya, mereka merencanakan akan melakukan pengkajian pra klinis melalui hewan uji coba mencit (anak tikus) untuk mengetahui potensi dari produk yang mereka buat. Mereka berharap, dari hasil uji pra klinis ini mampu meloloskan produk yang mereka buat agar dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes.     (Yanis)

Berita Terkait