Kelurahan Sukamiskin Gelar ‘Bebersih Bandung Jilid 2’ di Taman RW 13

Bandung, Beritainspiratif.com – Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung menggelar kegiatan ‘Beresih Bandung Jilid 2’ bertemakan “Peduli Taman dan 100% ODF (Open Defecation Free)”, berlangsung di Taman Golf Barat RT 01 RW 13 Sukamiskin Kota Bandung, pada Sabtu pagi, (21/9/2019).

Kegiatan tersebut serempak digelar di 151 Kelurahan di Kota Bandung. Sebelumnya acara serupa di tingkat Kecamatan juga digelar di 30 Kecamatan di Kota Bandung yang dipusatkan di Kecamatan Ujung Berung, Minggu (15/9/2019). Sedangkan kegiatan di Kecamatan Arcamanik acara telah digelar di RW 09 dan RW 10 Sukamiskin pada Minggu, (15/9/2019), yang dihadiri oleh Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Umi Oded (istri Walikota Bandung).

Penyerahan simbolis bantuan tanaman dan peralatan kebersihan dari Lurah Sukamiskin kepada RW 13

Dari pantauan Beritainspiratif.com di lokasi acara Kegiatan yang dilaksanakan pada pagi ini berupa senam massal yang diinisiasi oleh RT.01. Usai senam massal acara dilanjutkan dengan Apel Bersama ‘Bebersih Bandung Jilid 2’, disertai penyerahan bibit tanaman untuk ditanam disekitar lokasi RT.01.

Pada sessi ‘Bebersih Bandung Jilid 2’ kegiatan diisi dengan bebersih, merapihkan, menanam, menyiram, mencabut rumput, membabat rumput dan mengambil sampah, di sekitar lokasi.

Peserta Apel Bebersih Bandung Jilid 2 Kelurahan Sukamiskin

Hadir dalam dalam kegiatan pagi ini Sekmat dan para Kasie dari Kantor Kecamatan Arcamanik, Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Seklur Sukamiskin beserta Kasie, Perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Arcamanik, Forum Kecamatan Sehat (FKS) Arcamanik Bambang, Ketua dan Pengurus LPM Kelurahan dan Kecamatan, Ketua RW se-Sukamiskin, Pengurus RW-RT dan Warga RW 13 Sukamiskin, Tokoh Masyarakat, DKM, PKK, Linmas, Gober dan peserta lainnya.

Lurah Sukamiskin Farida Agustini, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka ulang tahun Kota Bandung yang ke-209, kita ingin menghadirkan Kota Bandung yang lebih sehat dan lebih nyaman.

“Bukan saja taman yang sehat, tetapi lingkungan yang lebih sehat, melalui kegiatan Beresih Bandung Jilid 2”, ujar Farida.

Dikatakan lebih lanjut oleh Farida, bahwa peduli taman ini adalah salah bentuk tanggung jawab kita bersama .

“Merawat, menjaga, serta menampilkan taman yang indah dan menciptakan taman bahagia, adalah tugas kita bersama “, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Farida Agustini juga menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan kebersihan dan tanaman untuk RW 13 Sukamiskin yang diterima oleh Yayan Istiandi, Ketua RW 13 Sukamiskin.

Penanaman Pohon Buah disekitar Lokasi Bebersih Bandung Jilid 2 oleh Lurah Sukamiskin didampingi Ketua RW 13 Sukamiskin

Lurah Sukamiskin juga mengajak seluruh warga yang hadir mengucapkan salam “Kang Pisman”, Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan. Dan dilanjutkan bernyanyi bersama seluruh warga lagu “Kang Pisman”.

Ketua Forum Kecamatan Sehat (FKS), Bambang yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan tekadnya akan terus membangun komunal, guna mengatasi ODF, sehingga tercipta Kecamatan yang sehat.

Ketua Forum Kecamatan Sehat (FKS) Bambang S.

“Kita akan terus bertekad dan berupaya agar Kecamatan Arcamanik dapat mencapai ODF 100%, untuk mewujudkan Kota Bandung yang bersih dan lingkungan yang lebih sehat, serta taman-taman yang indah”, ungkapnya.

Sementara itu, Akhmad Perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Arcamanik yang juga Kabag TU Puskesmas, dalam sambutannya menghimbau warga tidak buang BAB sembarangan melalui pipa paralon yang disalurkan ke solokan dan sungai, meskipun memiliki jamban.

Perwakilan Puskesmas Arcamanik,Akhmad

“Kebiasaan tersebut akan berdampak kepada lingkungan dan kesehatan seperti Diare, Stunting dan lainnya. Untuk itu diminta seluruh warga masyarakat, bekerja keras untuk mensukseskan 100% ODF. Dengan membangun septictank di wilayahnya”, Ujarnya.

Pada bagian lain, Ketua RW 13 Sukamiskin Yayan Istiandi, menyampaikan bahwa lokasi ‘Bebersih Bandung jilid 2’ tingkat Kelurahan ini berada di taman RT.01 yang berada di wilayah RW 13 Sukamiskin, ungkapnya.

Ditambahkan bahwa Gotong royong yang melibatkan seluruh unsur di Kelurahan Sukamiskin dan warga RW 13 Sukamiskin ini merupakan sebagai upaya juga dalam mendukung program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan Sampah). RW 13 Sukamiskin merupakan salah satu RW di Kelurahan Sukamiskin yang telah menerapkan Program Pemerintah Kota Bandung yakni Kang Pisman, Pungkasnya.

Yanis

Bagikan: