Keistimewaan Bulan Sya’ban Selain Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan

Bandung, Beritainspiratif.com -Bulan sya’ban merupakan bulan di mana kita sebagai seorang muslim mempersiapkan diri untuk menghadapi puasa di bulan Ramadhan , dan menjadikan sebuah pemanasan sebelum menghadapi bulan Ramadhan .

Dengan terbiasa beribadah atau menjalankan puasa di bulan sya’ban , maka ibadah puasa kita di bulan Ramadhan akan lebih sempurna , karena sesungguhnya amalan ibadah kita harus istiqomah atau konsisten , tidak hanya sekali dua kali saja dan tidak di lakukan hanya di waktu – waktu tertentu saja .

Keutamaan-keutamaan bulan sya’ban banyak di jelaskan dalam Al- qur’an dan hadist , keutamaan tersebut diantaranya adalah :

1. Bulan di mana amal ibadah kita di angkat ke hadapan Allah swt

Di dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa , bulan sya’ban terletak diantara bulan rajab dan bulan ramadhan . Dan di bulan ini , amalan – amalan kita sebagai seorang hamba akan di angkat atau di terima oleh Allah swt . Berikit adalah hadit yang menjelaskannya dalam Hadist Riwayat An- Nasa’i dan Abu Dawud dan ditasih oleh Ibnu Husaimah dari Usman bin Zaid :

2. Bulan dimana Allah swt menetapkan kiblat umat islam

Menurut Imam Nawawi , pada hari nisfu sya’ban atau pada tanggal 15 di bulan sya’ban telah terjadinya pertukaran atau telah terjadi penetapan arah kiblat oleh Allah swt untuk umat islam dari Masjidil Aqsa , Palestina ke Ka’bah di Masjidil Al – Haram , Mekkah .

Perubahan penetapan ini membawa kemaslahatan sangat besar untuk umat islam , karena dengan di pindahnya arah kiblat umat islam ke Ka’bah maka dapat menambah keteguhan tauhid serta menambah persatuan umat .

3. Bulan Sya’ban adalah bulannya Rasulullah saw .

4. Bulan Sya’ban merupakan Bulan dimana Allah swt turun ke Bumi

Dalam sebuah hadist dijelaskan , bahwa ketika malam nisfu sya’ban atau pada tanggal 15 sya’ban Allah swt turun ke langit dunia untuk memonitoring umatNya dan mengampuni dosa – dosa umatNya yang beristigfar , bertaubat , dan bermunajat kepada Allah swt . Dan tidak berlaku bagi orang – orang musyrik dan orang yang saling bermusuhan .

5. Bulan Sya’ban merupakan bulannya untuk membaca Al- Qur’an.

Dengan demikian , mari kita perbanyak membaca Al- qur’an di bulan sya’ban . Supaya ketika memasuki bulan Ramadhan , kita akan terbiasa untuk melakukan ibadah – ibadah yang telah terbiasa kita kerjakan di bulan sebelumnya atau bulan Sya’ban .

6. Bulan di mana Rasulullah saw

Mendoakan umatnya baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal .

7. Telah terjadinya peperangan Bani Mustalik

Di tahun kelima Hijriyah , telah terjadi sebuah perang dan kemenangan berpihak pada Islam.
Dan terjadi juga perang Badar yang terakhir pada tahun keempat hijriyah.

(Kaka/berbagai sumber)
Foto: harakatuna

Bagikan: