Keistimewaan Berwudhu Sebelum Tidur



Bandung, Beritainspiratif.com - Aktifitas berwudhu merupakan salah satu rukun atau adab sebelum seorang muslim atau muslimah melakukan sholat.

Ketika berwudhu, sejumlah anggota dibasuh dengan air yang mengalir.

Mulai dari tangan, mulut, hidung, muka, rambut, telinga sampai kaki dialiri air.

Berwudhu berarti pula membersihkan diri dari hadas kecil maupun besar. Berwudhu juga artinya bersuci.

Jika seseorang berada dalam keadaan suci, berarti dia dekat dengan Allah. Karena Allah akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci.

Bagaimana halnya bila berwudhu atau bersuci dilakukan sebelum tidur?

Ada beberapa keutamaan yang diperoleh ketika berwudhu sebelum tidur yaitu:

Pertama, menenangkan otot-otot sebelum beristirahat. Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan tapi Bisa dibuktikan dalam ilmu pengobatan bahwa percikan air wudhu itu merupakan suatu cara untuk mengendurkan otot-otot yang kaku dalam beraktivitas. Sehingga jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka fikiran kita akan terasa tenang, badan tidak akan terasa letih.

Kedua, mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah kerana kelebihan dari wudhu ini dapat menghilangkan kotoran dalam kulit. Kotoran-kotoran yang melekat pada kulit wajah kita akan segera hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Ketiga, didoakan malaikat. Malaikat akan sentiasa berdoa memohon perlindungan untuk umat muslim yang sentiasa berwudhu sebelum tidur. Malaikat adalah makhluk yang sentiasa berzikir kepada Allah.Niscaya doanya akan sentiasa dikabulkan oleh Allah. Oleh karena itu, selalu berwudhu lah agar mendapatkan manfaat dan keutamaan tersebut.

(Kaka)

Sumber: www.rumahzakat.org

Berita Terkait