Kecamatan Bandung Kulon Tangani Kemiskinan dengan “Gentong Sarebu”

Bandung, Beritainspiratif.com – Kemiskinan merupakan problem yang perlu menjadi perhatian bersama, baik oleh pemerintah kota maupun kecamatan. Sejumlah kecamatan di Kota Bandung melakukan terobosan dalam menanggulangi masalah tersebut, salah satunya kecamatan Bandung Kulon.

Menurut keterangan Sekretaris Kecamatan Bandung Kulon, Asmara Hadi, salah satu program pengentasan kemiskinan di wilayahnya yakni melalui program “Gentong Sarebu”, kependekan dari Gerakan Kantong Sarebu Keur Sarebu Kantong.

“Secara teknis, program ini merupakan pengumpulan dana dari para dermawan atau donatur, nanti dana itu oleh kecamatan disalurkan ke warga kami yang membutuhkan,” jelasnya pada acara Bandung Menjawab di ruang media Balai Kota Bandung, Selasa (30/10/2018).

Pihaknya menambahkan, sebetulnya program ini sudah berjalan sejak Agustus-Oktober 2018. “Program ini sebenarnya sudah berjalan tiga bulan terakhir, hanya kita baru launching sekarang,” lanjut Hadi.

Sejauh ini, kata Hadi sejumlah dana sudah terkumpul dan akan disalurkan ke warga yang membutuhkan. “Dalam tiga bulan terakhir ini dana terkumpul ada 18 juta, yang dihimpun dari donasi internal kecamatan dan kelurahan Se-Bandung Kulon, terlebih dahulu,” tuturnya.

Dana tersebut, akan langsung disalurkan kepada delapan penyandang masalah kesejahteraan sosial dan penyandang disabilitas, dari 8 kelurahan se-Kecamatan Bandung Kulon.

Tujuannya, kata hadi, ingin mempererat rasa gotong royong sesama masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan. “Tentu tujuannya agar masyarakat mampu mengentaskan sendiri warga masyarakatnya yang mengalami masalah kesejahteraan sosial,” ungkapnya.

Secara legalitas hukum, lanjut Hadi, program ini sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial Nomor 42/HUK/2004 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemberdayaan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM).    (Tito )

Bagikan: