Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Gelar ‘Beresih Bandung Jilid 2’

Bandung, Beritainspiratif.com – Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bandung ke-209 Camat Arcamanik Firman Nugraha beserta seluruh jajaran yang berada di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, meliputi 4 Kelurahan yakni Kelurahan Sukamiskin, Kelurahan Cisaranten Endah, Kelurahan Cisaranten Kulon dan Kelurahan Cisaranten Bina Harapan menggelar kegiatan tingkat Kecamatan Arcamanik berupa ‘Beresih Bandung Jilid 2’ dengan mengambil tema “Peduli Taman dan 100% ODF (Open Defecation Free)”, berlangsung di bantaran sungai Cironggeng yang berlokasi di area Taman RW 09 dan RW 10 wilayah Kelurahan Sukamiskin Bandung, pada minggu pagi, (15/9/2019).

Hadir dalam dalam kegiatan tersebut Kapolsek Anang Suhanji dan Danramil Arcamanik Dasep, 4 Lurah di Kecamatan Arcamanik, Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung, Jajaran Citarum Harum, Ketua LPM Kelurahan dan Kecamatan, Ketua RW/RT, Tokoh Masyarakat, PKK, Gober seluruh Kelurahan serta seluruh peserta kegiatan Bebersih Bandung Jilid 2 dari 4 Kelurahan di Kecamatan Arcamanik.

Dalam dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan simbolis bantuan CSR dari PT. PLN yang disampaikan oleh Dandy mewakili pimpinan dan Tim CSR PT. PLN, berupa 30 unit sepeda (Kecamatan 8 sepeda, Kapolsek 3, Danramil 3 dan Kelurahan masing-masing 4) dan uang tunai sebesar Rp30 juta untuk Satgas Anti Rentenir, serta uang tunai sebesar Rp20 juta untuk Tim Penanggulangan ODF, dan bibit tanaman.

Penyerahan bantuan diserahkan oleh Camat Arcamanik Firman Nugraha disaksikan Kapolsek Arcamanik, Danramil, Lurah se-Kecamatan Arcamanik, LPM dan unsur pimpinan lainnya.

Camat Arcamanik Firman Nugraha dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya atas partisipasi seluruh warga Arcamanik dalam apel dan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap Bandung, baik melalui tamannya maupun atas komitmennya dalam mewujudkan tahun 2021 Arcamanik 100% ODF, tutur Firman.

Dikatakan Firman, kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Kecamatan Kota Bandung dengan mengambil lokasi di salah satu titik taman. Untuk kegiatan tingkat Kota Bandung akan dilaksanakan oleh seluruh Kelurahan pada tanggal 21 September 2019 berupa deklarasi pencanangan di tingkat Kota Bandung dalam kegiatan Bebersih Bandung Jilid 2. Untuk itu diharapkan seluruh warga masyarakat mendukung kegiatan tersebut dan ikut mensukseskannya, Harapnya.

Disampaikan pula bahwa kurangnya kepedulian warga terhadap taman, diharapkan melalui kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan kepedulian dalam memelihara taman serta dimanfaatkan sebagai tempat yang nyaman secara bersama, tambahnya.

Terkait dengan deklarasi ODF, Camat Arcamanik meminta seluruh warga tidak lagi membuang BAB-nya ke sungai yang ada di Arcamanik. Karena berdasarkan data tiap harinya BAB yang masuk sungai tercatat sebanyak 35,5 ton, hal tersebut sangat berbahaya dan tidak sehat terhadap lingkungan, pintanya.

Camat Arcamanik minta agar masalah tersebut dapat disosialisasikan kepada seluruh warga yang ada di lingkungan masing-masing, dengan menghimbau seluruh warga masyarakat membuat septictank, tegas Firman.

Usai apel ini, kegiatan Bebersih Bandung Jilid 2 di Kecamatan Arcamanik dilakukan dengan berpencar melakukan bebersih, merapihkan, menanam, menyiram, mencabut rumput, membabat rumput dan mengambil sampah, mulai dari ujung taman RW 09 sampai taman RW 10 Kelurahan Sukamiskin.

Ditengah apel yang sedang berlangsung, hadir mengunjungi lokasi acara Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung Siti Muntamah Oded yang juga Istri Walikota Bandung, atau akrab dipanggil Umi Oded, yang hadir bersama Wakil Ketua FBS Kota Bandung Yunimar Yana Mulyana, dan Ketua DWP Kota Bandung, Cici Ema Sumarna serta didampingi Ibu Firman Nugraha.

Camat Arcamanik Firman Nugraha pun langsung menyampaikan informasi kegiatan ODF yang telah berlangsung di tingkat Kecamatan Arcamanik sekaligus program yang dilaksanakan kepada Ketua FBS Kota Bandung Umi Oded.

Sementara itu Bambang, Ketua Forum Kecamatan Sehat (FKS) Arcamanik dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya bertekad akan meningkatkan dengan cara berkolaborasi bersama semua lembaga/instansi yang ada di kelurahan se-kecamatan Arcamanik untuk mewujudkan tatanan lingkungan kecamatan Arcamanik yang sehat meliputi pengelolaan sampah yang baik melalui Program Kang Pisman dan menjaga sungai agar tidak tercemar oleh buang air besar oleh warga masyarakat (Open Defecation Free) menuju Kecamatan Arcamanik Sehat pada tahun 2020 bebas ODF (Open Defecation Free) dan bebas sampah, Ungkap Ketua FKS Arcamanik Bandung.

Sementara itu, Puskesmas Arcamanik yang hadir Ibu Siti Nasronah dari bagian kesehatan lingkungan yang juga Tim ODF Puskesmas Arcamanik, mengajak seluruh warga Kecamatan Arcamanik dan peserta upacara yang hadir berkomitmen bersama untuk peningkatan akses sanitasi Kota Bandung, yakni :

1.Kami warga Kecamatan Arcamanik melalui gerakan Bandung Bersih Bersih 2, berkomitmen mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan sanitasi kewilayahan mengutamakan prilaku hidup bersih dan sehat melalui stratgei sanitasi berbasis masyarakat.

2.Berupaya dengan segenap kemampuan untuk memaksimalkan seluruh sumber daya dan sumber dana yang ada, untuk mewujudkan Kecamatan Arcamanik ODF 2021 sebagai bagian dari Kota Bandung menuju ODF 2021.

Dikesempatan terpisah Lurah Sukamiskin Farida Agustini menyampaikan bahwa lokasi Beresih Bandung jilid 2 ini berada di dua taman di wilayah Kelurahan Sukamiskin yakni RW 09 dan RW 10. Lebih lanjut dikatakan Gotong royong yang melibatkan seluruh unsur di Kecamatan Arcamanik dan Kelurahan ini merupakan sebagai upaya juga dalam mendukung program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan Sampah), Pungkas Farida. (Yanis)

Bagikan: