Kebun Binatang Bandung Bebersih dan Siapkan Protokol Kesehatan



Bandung, Beritainspiratif.com - Objek wisata Kebun Binatang Bandung bersiap membuka kegiatan operasional di masa new normal pandemi corona atau covid-19. Namun, pembukaan tempat akan dilakukan setelah pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengeluarkan kebijakan yang membolehkan objek wisata untuk beroperasi.

Humas Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafii mengatakan sejak satu pekan terakhir pihaknya sudah melakukan kegiatan bersih-bersih di area dalam dan luar objek wisata. Selain itu pihaknya sudah mulai menerapkan protokol kesehatan hingga objek wisata mulai dibuka.

"Dalam seminggu terakhir berbenah, kita bersih-bersih daun diangkut dibuang menjadi kompos, mulai membersihkan lumut-lumut karena tidak ada pengunjung, rumput liar, ranting-ranting dirapihkan perapihan taman-taman," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon Kamis (4/6/2020).

Ia mengatakan sejumlah pengelola foodcourt pun sudah mulai membersihkan area jualannya. Tak hanya itu, pihaknya juga akan memasang garis di pintu masuk antrean pengunjung dengan jarak 1.5 meter, menyiapkan thermogun untuk mengukur suhu tubuh pengunjung dan karyawan.

"Diatas 37.5 celcius kami minta tidak masuk area, kalau itu pengunjung, jika karyawan kita minta pulang saja karena ada indikasi tidak sehat," katanya.

Lebih lanjut Sulhan mengatakan pihaknya akan menyiapkan hand sanitizer dibeberapa titik dan pegangan di tangga-tangga akan dibersihkan minimal dua kali sehari.

"Di Foodcourt, empat kursi pada satu meja hanya bisa diisi dua orang saja untuk menjaga jarak," katanya.

Sulhan mengatakan, fasilitas menunggang gajah dan kuda ditiadakan namun untuk unta tetap ada hanya satu orang.

Sulhan menambahkan jika dalam satu hari di akhir pekan bisa menampung 1.000 hingga 1.500 orang maka ke depan dibatasi hanya 50 persen. Menurutnya, jika sudah penuh maka akan diberlakukan sistem buka tutup semisal lima orang keluar maka lima orang lainnya masuk.

"Orang-orang gak boleh lagi berdempetan, dan harus jaga jarak, nantinya ada petugas yang berkeliling mengingatkan," katanya.

Meski sudah melakukan persiapan di era new normal namun pihaknya menunggu kebijakan Pemkot Bandung kapan objek wisata bisa dibuka.

"Kapan bukanya belum tahu, persiapan saja dulu," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung telah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimana aktivitas masyarakat tertentu diperbolehkan hanya 30 persen. Namun, beberapa tempat seperti objek wisata belum diperbolehkan beroperasi.

(Mugni)

Berita Terkait