Kebudayaan Nasional Sebagai Fondasi Pendidikan



Jakarta, Beritainspirstif.com - Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kebudayaan merupakan akar dari pendidikan nasional. Kebudayaan nasional Indonesia yang begitu beragam dan kaya menjadi dasar pembentukan karakter generasi muda. Kebudayaan yang maju, diyakini akan membuat pendidikan semakin kuat.

"Kita posisikan kebudayaan sebagai moral dan sebagai pondasi dari pendidikan kita. Karena pendidikan itu merupakan akar dari budaya nasional. Jadi pendidikan nasional harus berakar pada kebudayaan nasional, itulah benang merah hubungan antara kebudayaan dan pendidikan," ujar Muhadjir kepada awak media usai upacara bendera di kantor Kemendikbud, Senin (2/5).

Sebelumnya, di dalam sambutan pada upacara, Mendikbud menyinggung bahwa Indonesia diakui dunia sebagai negara adi daya dalam bidang kebudayaan.

Untuk itulah, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang merupakan ikhtiar bersama pemerintah dan legislatif menjadi langkah strategis dalam pemajuan kebudayaan sekaligus berdampak pada penguatan pendidikan nasional.

"Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan mengamanatkan upaya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan," jelas Mendikbud. (Yones)

Berita Terkait