Kebijakan Buka Tutup Jalan Otista Bandung Diubah Mulai Pukul 17.00



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung lakukan pelonggaran buka tutup jalan di jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) pasca para pedagang Pasar Baru melakukan aksi pada Senin, (28/9/2020) kemarin.

Buka tutup jalan di Jalan Otista dimulai pada pukul 17.00 hingga 06.00 pagi.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan tim gugus tugas Covid-19 Kota Bandung bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), Senin (28/9/2020) kemarin. Buka tutup pada pagi dan sore hari ditiadakan. Kebijakan tersebut diambil dengan pertimbangan ekonomi warga.

"Alhamdulillah hasil pembahasan tim gugus tugas kemarin sore sampai magrib rapat baik dari forkopimda, TNI, polri dan pemkot Bandung, serta unsur gugus tugas, hasilnya dilaporkan untuk jalan Otista menurut mereka ditutupnya hanya dari jam 5 sore sampai pagi," ujar Oded di Taman Dewi Sartika Kota Bandung Selasa (29/9/2020).

Baca Juga:Stadion GBLA lolos-verifikasi-dan-siap-jadi-kandang-persib

Menurutnya, kebijakan tersebut merespon aspirasi masyarakat di jalur tersebut termasuk para pedagang dan berdasarkan hasil kajian dilakukan untuk menjaga perekonomian masyarakat.

"Alasannya karena aspirasi itu dibahas dikaji demi untuk keseimbangan ekonomi seperti itu, yang jalan Otista itu aspirasi salah satunya dari pedagang," ucapnya.

Ia mengaku jika muncul aspirasi lain dari masyarakat yang berasal dari jalur-jalur lainnya yang diberlakukan buka tutup jalan maka akan dilakukan kajian.

"Nanti dikaji, semua dalam kajian," ucapnya.

Sementara itu Kepala Himpunan Pedagang Pasar Baru, Iwan Suhermawan mengaku bersyukur atas kebijakan yang dikeluarkan Pemkot Bandung. Namun, menurutnya pihaknya akan mengecek terlebih dahulu apakah kebijakan tersebut sudah berlaku hari ini.

"Kalau itu dilakukan pemkot saya mengucapkan terimakasih. Artinya pak Wali mendengar, tapi kita lihat dulu benar gak seperti itu. Saya datang jam 11.00 jadi akan mengecek yang jam 14.00 WIB, ada penutupan atau tidak," katanya.

Sebelumnya, ratusan pedagang Pasar Baru Trade Center meminta agar kebijakan buka tutup jalan di sejumlah ruas jalan termasuk di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) yang melintasi Pasar Baru tidak diberlakukan pagi dan siang hari. Kebijakan tersebut menurunkan pendapatan pedagang di masa pandemi covid-19.

Buka tutup jalan diberlakukan di simpang jalan Otista-Suniaraja sampai dengan Otista-Asia Afrika, simpang jalan Asia Afrika-Tamblong sampai dengan Asia Afrika-Cikapundung Barat. Jalan Purnawarman-Riau sampai dengan Purnawarman-Wastukencana.

Jalan Merdeka-Riau sampai dengan Merdeka-Aceh. Jalan Merdeka-Aceh sampai dengan jalan Merdeka-jalan Jawa. Pada akhir pekan, buka tutup jalan sampai dengan ring dua, jalan Lingkar Selatan bahkan sampai di wilayah perbatasan Kota.

Baca Juga:

Buka tutup jalan akan dilakukan pada pukul 09.00 Wib hingga 11.00 Wib, pukul 14.00 Wib hingga 16.00 Wib dan pukul 22.00 Wib hingga 06.00 Wib.

Bagi masyarakat yang bekerja di wilayah tersebut dapat menunjukkan identitas agar dapat masuk ke jalur tersebut. pukul 09.00-11.00 Wib dan 14.00-16.00 Wib akan ditiadakan dan kegiatan tersebut baru akan dimulai pada pukul 17.00 hingga 06.00 pagi.

(Mugni)

Berita Terkait