Kasal Diangkat Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir



Kepulauan Riau, Beritainspiratif.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono, S.E., M.M. diangkat sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.  Proses pelaksanaan penyematan  Baret Ungu dilaksanakan oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) di Pantai Todak Dabo Singkep Kepulauan Riau, Jumat, pagi (24/07/20) .

Kasal Laksamana TNI Yudho Margono , S.E., M.M. menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir TNI AL ke 39, yang sebelumnya juga diterima oleh Presiden RI ke enam Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dan Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2015 serta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P pada tanggal 22 Februari 2018 dan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M tahun 2018. 

Baca Juga:Masjid-istiqlal-telah-selesai-direnovasi-dan-siap-diresmikan

Pengangkatan Warga Kehormatan Korps Marinir adalah sebagai wujud penghargaan Korps Marinir kepada tokoh yang dianggap memberikan kontribusi dan perhatiannya yang tulus kepada kemajuan dan perkembangan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Disamping itu,  penghargaan tersebut juga sebagai bentuk apresiasi atas keteladanan jiwa, sikap, semangat dan komitmen yang tinggi yang diberikan kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Sebelum proses pengukuhan sebagai warga kehormatan, terlebih dahulu melaksanakan Latihan Pendaratan, dimana Kasal ikut melaksanakan pendaratan dengan kendaraan tempur Amfibi Marinir LVT - 7 yang keluar dari rampa KRI Semarang dengan nomor lambung 594,  dilanjutkan demo Pertempuran Jarak Dekat (PJD) serta penembakan senjata bantuan Howitzer 105. 

Dilansir situs tni.mil.id, dalam upacara pengangkatan Kasal sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir mengatakan: 

"Bagi saya pribadi, upacara ini terasa sangat membanggakan, karena di hadapan sebuah parade tempur prajurit petarung dengan penuh keyakinan dan kebanggaan, saya mendapatkan anugerah yang sangat membanggakan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir, yang ditandai dengan penyematan Baret Ungu Kebanggaan Korps Marinir, Brivet Intai Amfibi Marinir dan Brivet Anti Teror Detasemen Jalamangkara.  Kehormatan dan kebanggaan ini sekaligus memberikan implikasi pada saya tentang rasa tanggung jawab yang sangat besar untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan tempur Korps Marinir TNI Angkatan Laut, sebagai pasukan pendarat yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu). Baret ungu kebanggaan Marinir bukan semata-mata sebagai simbol, namun merupakan lambang perwujudan Kehormatan dan Kebanggaan Korps yang memberi makna penting sebagai hasil perjuangan dan pengabdian, yang juga merupakan ciri khas semangat pengabdian Korps Marinir, " ucap Kasal dalam upacara tersebut.

Pada upacara pengangkatan Kasal sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir tersebut, dihadiri oleh Para Komandan Korps Marinir dari masa ke masa yaitu  Letjen TNI (Mar) Purn Safzen Nurdin, Mayjen TNI (Mar) Purn Hari Triono, Letjen TNI (Mar) Purn Trusono, Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Mayjen TNI (Mar) Purn Buyung Lalana, Mayjen TNI (Mar) Junaidi Jahri. Disamping itu hadir juga  Pejabat Utama Mabesal, Pejabat Utama Mako Kormar, Gubernur Kepulauan Riau, Ketua DPRD TK I Kepulauan Riau, Bupati Dabo Singkep dan Ketua DPRD TK II Dabo Singkep serta Pejabat Kepolisian Daerah Dabo Singkep Kepulauan Riau.  (*)

Berita Terkait