Kardus ! Bisnis yang Menjanjikan



Jakarta, Beritainspiratif.com - Biasanya jika sebuah pabrik selesai melakukan impor barang, disitu akan nampak berserakan banyak kardus yang tidak terpakai tapi masih bagus.

Per pabrik saja dalam sehari bisa mensuplai 2 truk atau 2.000 kardus bekas. Disitulah kardus tersebut dapat dimanfaatkan kembali sebagai usaha jual beli kardus.

Berwirausaha kardus kerap dilakukan sebagian orang di Gudang Kardus yang ada di Kawasan Kramat Djati, Jakarta Timur. Dewi Lestari salah satunya ia mengaku memulai bisnis untuk menjual kardus sejak tahun 2007, dengan modal tabungan awal Rp 10 juta. Lama-lama pendapatan nambah karena permintaan juga tambah," Ujar Dewi Kamis (9/8/2018) yang dilansir detikFinace.com

Dewi menceritakan, awalnya ia hanya mensuplai kebutuhan 1.000 kardus sebulan untuk kenalannya. Namun, seiring berjalannya waktu, pesanan kardusnya berjalan lancar dan pesanan dari berbagai konsumen lain juga mulai berdatangan.

Hingga saat ini ia bisa mensuplai permintaan hingga 1.000 kardus per hari.Untuk jenis kardus yang ia jual pun beragam, ada jenis yang kecil sampai yang besar. Kisaran harganya, antara Rp 5.000- 20.000.

Sehari bisa keluar 1.000 kardus bisa lebih nggak tentu, biasanya yang banyak keluar itu kardus yang bekas," kata dia.

Ia mengaku untuk mengumpulkan ribuan kardus dia sudah bekerjasama dengan 10 perusahaan yang kerap kali memberikan suplai kardus bekas.

Tidak selalu pabrik itu punya 1.000 kardus, kadang hanya 500 itu harus siap kita tampung atau bisa aja 3.000 itu harus siap kita beli.

Makanya saya simpan di tiga gudang. Karena permintaan juga selalu ada, terutama yang sudah langganan, biar permintaan mereka tidak kurang," jelas dia.

Kebutuhan untuk kardus juga beragam, mulai dari kebutuhan pindahan, penyimpanan arsip, sampai pengiriman barang.

Beragam ya, tapi kalau yang kebutuhan bisa mungkin bisa pakai kardus bekas. Tapi kalau kebutuhannya untuk ekspor itu bisanya kardusnya pesan, ukuran berapapun," kata dia.

Untuk harganya, kardus kardus dengan ukuran yang sudah dipesan ini dua kali lipat dari harga kardus bekas. Dewi juga awalnya tidak menyangka jika bisnisnya saat ini dapat membuat ia lebih mapan. Terutama ia bisa lebih santai untuk mengembangkan pasar sambil mengakomodir kebutuhan konsumen di kawasan Jakarta Banten dan Jawa Barat.

Minimum order itu 1.000 kardus, terutama di Kalimantan mereka itu cukup kesulitan untuk mendapatkan kardus untuk pengiriman yang layak untuk ekspor," kata dia menutup obrolan.

Yanis

Berita Terkait