Kapten Kartini Nakhoda Wanita Pertama di Indonesia



Jakarta, Beritainspiratif.com - Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Sri Tutie Rahayu memberikan penghargaan kepada Kartini yang tercatat sebagai perempuan pertama sebagai nakhoda di Indonesia, Pemberian penghargaan tersebut disampaikan pada kegiatan Dies Natalis ke-6 Poliklinik Maritim Negeri Indonesia, Selasa (25/9/2018).

Kartini yang merupakan Alumni Akademi Ilmu Pelayaran tahun 1996 (kini berusia 70 tahun), pada Desember 1991 lalu telah menakhodai KM AWU milik PT Pelni yang berlayar dari Jerman menuju Indonesia, dan merupakan sejarah sebagai nakhoda wanita pertama di Indonesia.

Kartini sebagai nakhoda kapal wanita telah menginspirasi orang lain sehingga pada 2016, sebuah wadah nakhoda wanita akhirnya terbentuk, yaitu Indonesian Female Mariner (IFMA).

Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Sri Tutie Rahayu mengatakan, Kapten Kartini dinilai menginspirasi orang lain untuk terus bekerja keras. Wanita yang kerap dipandang lemah juga tidak kalah dengan laki-laki jika diberi kesempatan, dikutip dari laman Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

“Beliau pernah jadi nakhoda kapal niaga, pernah juga kapal perang,” ujar Tutie.    (Yanis)

Berita Terkait