Kapolda Jabar Pimpin Serahterima Kapolrestabes Bandung dan Pejabat Utama Polda Jabar

Bandung, Beritainspiratif.com – Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya resmi mengemban jabatan Kapolrestabes Bandung menggantikan Kombes Pol Irman Sugema, Rabu (19/2/2020).

Setelah mengemban amanah selama 1 tahun 6 bulan sebagai Kapolrestabes Bandung, selanjutnya Irman Sugema dipercaya menduduki jabatan sebagai Kabagrenlog Rojianstra Slog Polri.

Sedangkan Ulung sebelumnya bertugas di Baharkam Polri dan pernah menjabat sebagai Kapolres Bogor Kota.

Pergantian Kapolrestabes Bandung berdasarkan surat telegram rahasia (TR) Kapolri nomor: TR/385/II/KEP/2020. Serah terima jabatan (sertijab) antara Kapolrestabes Bandung yang lama dengan yang baru dipimpin oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung pada Rabu (19/2/2020).

Seusai sertijab di Mapolda Jabar, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dan Kombes Pol Irman Sugema melaksanakan upacara pisah sambut di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka.

Upacara khas Polri yang digelar di halaman Mapolrestabes Bandung diawali dengan pengalungan bunga oleh Kabag Sumda AKBP Mahmud. Selanjutnya, Kapolrestabes Bandung yang baru didampingi istri, berjalan di antara barisan pedang pora.

Ulung dan istri disambut tradisi abah dan ambu longser serta tarian merak. Setelah itu, Ulung dan Irman memberikan sambutan. Sesuai sambutan, Irman menyalami anggota Polrestabes Bandung yang berbaris melingkar diiringi lagu-lagu perpisahan. Menjelang pintu gerbang, Irman berjalan di tengah barisan pedang pora.

Selain Kapolrestabes Bandung, Kapolda Jabar juga memimpin sertijab tujuh kapolres, yakni Kapolres Bogor, Polres Cirebon Kota, Polres Purwakarta, Polres Majalengka, Polres Ciamis, Polres Tasikmalaya dan Polres Kuningan.

Kapolres Bogor yang sebelumnya dipimpin AKBP M Joni kini dijabat oleh AKBP Roland Ronaldy yang sebelumnya Kapolres Cirebon Kota. Kapolres Cirebon Kota kini diemban AKBP Syamsul Huda dari Bareskrim Polri.

Kemudian, Kapolres Purwakarta dijabat AKBP Indra Setiawan dari SSDM Polri menggantikan AKBP Matrius. AKBP Matrius menduduki jabatan baru sebagai Waka SPN Polda Metro Jaya.

Sedangkan AKBP Mariyono melepas jabatannya sebagai Kapolres Majalengka digantikan oleh AKBP Bismo Teguh yang sebelumnya menjabat Kapolres Ciamis. Sementara AKBP Mariyono menjabat sebagai Kapolres Serang Polda Banten.

Polres Tasikmalaya pun berganti dari AKBP Dony Eka Putra mengantikan Bismo Teguh memimpin Polres Ciamis. Jabatan Kapolres Tasikmalaya kini dijabat oleh AKBP Hendria Lesmana dari Ditreskrimsus Polda Banten.

Terakhir, Kapolres Kuningan dijabat oleh AKBP Lukman Syafri Dandel Malik menggantikan AKBP Iman Setiawan yang diangkat sebagai Kapolres Tangerang Selatan Polda Metro Jaya.

Selain posisi Kapolres, pergantian pejabat juga terjadi di pejabat utama Polda Jabar. Karo Rena Polda Jabar dari Kombes Raden Lucky Sulaksana diganti oleh Kombes I Bagus Rai Elryanto. Direktur Samapta Polda Jabar dari Kombes Nurfalah diganti oleh Kombes Subnedih.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar pun berganti dari Kombes Pol Iksantyo Bagus Pramono ke Kombes Yaved Duma Parembang. Kemudian Karo Logistik Polda Jabar dari Kombes Aton Suhartono akan berganti ke Kombes Slamet Setiono.

Lalu Direktur Binmas Polda Jabar Kombes Badya Wijaya diangkat sebagai Direktur Binmas Polda Metro Jaya. Posisi Badya di Polda Jabar akan diisi oleh Kombes Yudhi Faizal Hambali.

“Polda Jabar mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejabat utama dan kapolres yang beralih tugas atas segala dedikasi dan loyalitas, serta berbagai kontribusi positif yang telah diberikan selama berdinas di jajaran Polda Jabar,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Rudy berharap kepada pejabat utama dan kapolres baru dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Jadikan amanah ini sebagai motivasi untuk membuktikan kualitas dan kompetensi serta selalu berikan kontribusi positif untuk kemajuan organisasi sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat,” ujar Kapolda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, pergantian jabatan ini salah satu manajemen pembinaan sumber daya manusia (SDM) di tubuh Polri. “Promosi ini termasuk pembinaan karier. Ini hal biasa di dalam pengelolaan sumber daya manusia,” kata Erlangga.

Yanis

Bagikan: