Kapal Sinar Bangun Ditemukan Di Kedalaman 450 Meter



Samosir, Beritainspiratif.com -Tim Survey Basarnas dan Mahakarya Geo Survey - IAITB yang dipimpin langsung Kepala Basarnas serta disaksikan Menteri Sosial, Idrus Marham, telah menemukan dan mengindentifikasi posisi Kapal Sinar Bangun pada Minggu 24 Juni 2018 sekitar pukul 11:12 WIB siang lansir Pikiran Rakyat.

Berdasarkan laporan dari Tim Basarnas dan Mahakarya Geo Survey - IAITB menyatakan koordinat keberadaan kapal tenggelam yang menewaskan sejumlah korban tenggelam yakni di 2 deg 47’ 3.835 N 98 deg 46’ 10.767 E, kedalaman 450 meter.

Berdasarkan informasi penemuan tersebut akan diserahkan kepada pihak berwenang untuk langkah-langkah strategis berikutnya. Mengingat kondisi kedalaman yg mencapai 450 meter, kami usulkan untuk memobilisasi ROV ECA H1000 Semi Work Class untuk membantu proses pengangkatan kapal yang diperkirakan banyak korban masih terperangkap di dalam badan kapal.

Sebelumnya dilaporkan Kapal kayu KM Sinar Bangun yang mengangkut ratusan penumpang, diperkirakan tenggelam sekitar satu mil dari dermaga Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin 18 Juni 2018 sekitar pukul 17.30 WIB.

KM Sinar Bangun mengalami musibah akibat pengaruh cuaca buruk berupa angin kencang dan ombak cukup besar.

Penumpang yang selamat pada peristiwa tenggelamnya kapal penumpang kayu KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, masih mengalami trauma.

(Kaka)

 

Berita Terkait