Kapal Perang Jenis ‘Iver Huitfeldt Class’ ini Jika Milik Indonesia Menjadi Yang Terbesar di Asia Tenggara



Jakarta, Beritainspiratif.com - Di Indonesia kapal perang jenis Van Speijk class seperti KRI Slamet Riyadi, KRI Yos Sudarso, KRI Ahmad Yani, KRI Oswald Siahaan, KRI Karel Satsuit Tubun dan KRI Abdul Halim Perdanakusuma akan segera dipurna tugaskan secara bertahap pada tahun 2024.

Mengingat kapal perang jenis fregat Van Speijk ini yang telah aktif sejak tahun 1967 mulai menua, sehingga TNI AL mulai memikirkan penggantinya

Meski sudah ada pengadaan baru jenis Light Fregat yakni KRI Martadinata dan KRI Gusti Ngurah Rai, namun keduanya dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Mengutip Janes, Pemerintah Denmark yang melihat akan adanya rencana penggantian keenam KRI tersebut lantas pada 2016 lalu menawarkan kapal fregat kelas berat rasa Destroyer kepada Indonesia yakni jenis Iver Huitfeldt Class.

Jika jadi diakuisisi oleh Indonesia, jenis ‘Iver Huitfeldt Class’ ini bisa membuat 'panas dingin' negara tetangga macam Malaysia dan Singapura, karena menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, sebagaimana dilansir Tribunnews.com. (Yanis)

Berita Terkait