Kampung Cibunut RW 07 Bebas Sampah ,Oded Bakal Beri Hadiah Mesin Pencacah Sampah

Bandung, Beritainspiratif.com – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial bakal memberikan hadiah mesin pencacah sampah kepada Rw 07 Kelurahan Cibunut Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung. Hal itu dikarena telah berhasil mewujudkan wilayah bebas sampah.

Menurutnya, warga RW 07 Cibunut sudah mandiri dalam mengelola permasalahan sampah. Pengelolaan sampah diselesaikan dengan berbagai metode, ada dengan konsep Bata terawang, yaitu bata di tumpuk kemudian sampah dimasukin kesana dan hasilnya jadi kompos.

“Sampah organik dan anorganik semua sudah selesai. Semua rumah memiliki lubang biopori. Sedangkan anorganik mereka punya bank sampah, setiap hari kamis semua masyarajat mulai anak-anak sampai orang tua mereka mengumpulkan sampah kesana. Dan ada sebagian warga yang membersihkan sampah, dan dikelola lagi agar nilai harganya menjadi lebih tinggi,” jelas Oded di Kelurahan Cibunut Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung Jumat (17/1/2020).

Kampung Cibunut merupakan kampung yang bersih dari sampah. Selain itu, rumah warganya pun dicat warna-warni menjadi ciri khas kampung ini.

“Disana juga setiap RW memiliki warna rumah nya masing-masing, warna ini jadi pembatas. Bisa menjadi miniatur di Kota Bandung yang sudah berhasil,”ucapnya.

Oded berharap seluruh Kelurahan di Kota Bandung bisa meniru RW 07 Cibunut. Sehingga bisa mengurangi permasalahan sampah dan banjir.

(Mugni)

Bagikan: