Kadis Perindag : Industri kreatif Jabar Sumbang 20 Persen Peningkatan Ekonomi Nasional



Bandung,Beritainspiratif.com - Perkembangan ekonomi di Jawa Barat terus memberikan hasil positif, bahkan mampu meningkatkan ekonomi pada tingkat nasional, terbukti, sebesar 20 Persen keuntungan dari industri kreatif di Jawa Barat memberi peningkatan ekonomi nasional, khususnya untuk bidang fashion dan kuliner.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Muhammad Arifin Soedjayana saat membuka pameran bertajuk Bandung Craft dan Furniture Festival 2018 di gudang persediaan PT KAI Jalan Sukabumi kota Bandung Jumat 30 11 2018.

Arifin mengatakan meski angka tersebut sudah menunjukkan hasil positif, namun pihaknya bersama stakeholder terkait akan terus berupaya meningkatkan potensi potensi usaha kecil menengah di bidang lainnya termasuk kerajinan tangan dan furniture.

"Saya ingin menyampaikan pesan pak gubernur Jawa Barat Dalam 5 tahun kedepan atau 3 tahun kedepan Jawa Barat punya tempat Konvensi yang besar atau bisalah namanya Jabar convention hall yang penting di situ bisa terintegrasi semua bentuk pameran," ungkapnya.

Lebih lanjut Arifin menjelaskan, pada hari yang sama dirinya juga bertugas untuk menghadiri pameran yang terlaksana di tiga tempat berbeda yaitu di Trans Studio Mall kemudian ada Festival Habibie di Telkom University dan sejumlah pameran di tempat lainnya.

"Kita tahu bersama bahwa masyarakat Jawa Barat, warga Kota Bandung maupun kota-kota lainnya memiliki semangat kreatif dan inovatif yang sama oleh karenanya untuk sementara kita akan membuat dari Pemprov Jabar itu creative center di 10 kabupaten/kota dan nantinya menyusul semuanya di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat memiliki kreativitas masing-masing," paparnya.

Dengan begitu pihaknya berharap industri kreatif di Jawa Barat bisa maju secara merata dan memberi keuntungan baik kepada para pengrajin terutama juga memberi masukan untuk Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

"Kalau hal itu bisa terlaksanakan semua dapat manfaatnya baik itu produsen baik itu pemerintah baik itu swasta bahkan masyarakat umum juga ikut bertugas dalam proses proses kreatif tersebut bukan tidak mungkin Memberikan manfaat yang lebih luas," tandasnya.    (Tito)

Berita Terkait