Kadis PU Kota Bandung Kunjungi Kolam Retensi RW 17 Sarimas Sukamiskin

Bandung, Beritainspiratif.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Didi Ruswandi, didampingi Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar, usai menghadiri Panen Lele dan sayuran di RW 02 Banjirsari, langsung melakukan kunjungan ke RW 17 Sarimas Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Jum’at (4/9/2020).

RW 17 Sukamiskin merupakan komplek perumahan Sarimas yang dicanangkan oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini sebagai wilayah Kampung Wisata mengingat dikenal karena memiliki kolam retensi.

Lurah Sukamiskin bersama Kasie Ekbang Arcamanik

Baca Juga:Panen-lele-dan-sayuran-di-rw-02-sukamiskin-dihadiri-oleh-3-kadis-kota-bandung

Kolam retensi adalah kolam yang berfungsi untuk menampung air hujan sementara waktu dengan memberikan kesempatan untuk dapat meresap kedalam tanah yang operasionalnya dapat dikombinasikan dengan pompa atau pintu air.

Konsep dasar dari kolam retensi adalah menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal.

Ditemui Beritainspiratif.com di lokasi, Ketua RW 02 Mu’af dalam penjelasannya menyampaikan bahwa di wilayah RW 17 Sarimas akan segera dibangun pengelolaan sampah Kang Pisman dengan metode magotisasi yang berlokasi bersebelahan dengan Kang Pisman RW 02 Banjirsari.

“Nanti kita akan dirikan Kang Pisman dengan metode magotisasi yang berlokasi bersebelahan dengan Kang Pisman RW 02 Banjirsari,” ungkap Ketua RW 17.

Kolam Ikan Lele model Jaring

Baca Juga:Wakil-wali-kota-bandung-tinjau-tpst-rw-01-sukamiskin-dan-upt-puskesmas-arcamanik

Ketua RW 17 juga menjelaskan bahwa dilokasi kolam retensi RW 17 Sarimas saat ini tengah melakukan budidaya ikan lele.

“Budidaya ikan lele disini menggunakan metode jaring dan kami  telah menaburkan ikan lele sebanyak 1.750 ekor, kedepan diharapkan juga akan dikembangkan oleh tiap-tiap RT dengan menggunakan drum,”ungkapnya.

Sementara itu Lurah Sukamiskin Farida Agustini, mengungkapkan suasana di RW 17 Sarimas sangat menarik untuk dikembangkan sebagai Kampung Wisata.

“Tempat ini indah sekali terutama pada malam hari, tentunya  akan dapat dinikmati warga, dalam upaya meningkatkan index kebahagiaan masyarakat,”ujar Lurah Sukamiskin.

Camat Arcamanik saat mengunjungi RW 17 Sarimas

Ditambahkan bahwa di wilayah RW 17 ini juga terdapat berbagai lukisan mural di dinding yang berlokasi di tiap RT.

“Lukisan tersebut merupakan karya masing-masing warga di RT, yang menambah keindahan kawasan RW 17 Sukamiskin,” tambah Farida.

Tonton Juga:Video Kolam Retensi di RW 17 Sarimas Kel.Sukamiskin

Sementara itu Kasie Ekbang Arcamanik Cucun, mengusulkan agar di lokasi ini dapat disediakan Taman Bermain anak.

“lokasi ini bagus jika difasilitasi dengan penambahan area taman bermain untuk anak-anak, melalui kerjasama dinas terkait,” ungkap Kasie Ekbang.

Ketua RW 17 Muaf, KaDispangtan Gin Gin Ginanjar dan Ka DPU Didi Ruswandi

Sementara itu Kepala Dinas PU Didi Ruswandi, usai melakukan kunjungan mengungkapkan bahwa kawasan kolam retensi ini berada dilingkup tugas kerja dinasnya.

“Ya berada di Dinas PU, terkait rencana yang diungkapkan oleh Ketua RW 17 Sukamiskin, pihaknya akan menugaskan tim untuk melakukan survey lapangan mengkaji kemungkinan pengembangan di lokasi ini,” pungkasnya.

Yanis

Bagikan: