Kabupaten Sijunjung Catat Rekor MURI Gelar Tari Piring dengan Penari Terbanyak



Kabupaten Sijunjung, Beritainspiratif.com - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung tahun 2019 yang menginjak ke-70 diisi dengan berbagai acara hiburan.

Salah satunya adalah dilakukannya karnaval Tari Piring dengan jumlah peserta terbanyak dan masak Lamang terbanyak, dalam rangka memecahkan Rekor pada Museum Rekor Indonesia (MURI).

Dalam pergelaran Tari Piring ini, terlihat para Polwan Polres Sijunjung ikut ambil andil dalam memeriahkan HUT Kabupaten Sijunjung.

Dengan berpakaian baju warna pink dan jilbab hitam seperti layaknya Bundo Kandung, para Polwan yang tengah membawa piring sembari menari mengikuti alunan musik adat Minangkabau.

Acara yang berlangsung di jalan Prof. M.Yamin Muaro Sijunjung Selasa, (12/2/2019), selain diikuti oleh Polwan, juga diikuti oleh ibu-ibu dari OPD, Sekolah dan Utusan masing-masing Jorong di Kab. Sijunjung yang mencapai 3000 orang peserta.

Kemudian juga ada Balamang Ubi dengan beraneka macam sajian lamang ubi, dengan bentuk dan rasa yang berbeda yang diikuti oleh utusan masing-masing Jorong di Kab. Sijunjung.

Tari piring atau dalam bahasa Minangkabau tari piriang adalah seni tari tradisional Minangkabau yang menggunakan media piring sebagai alat untuk atraksi tarian. Para penari mengayunkan piring sesuai dengan irama talempong pacik dan saluang serta menggunakan pakaian adat khas Minangkabau dengan warna-warna yang cerah seperti merah dan kuning keemasan.

Dilansir dari laman Resmi MURI, Pagelaran tari piring dengan jumlah Peserta terbanyak tersebut dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8843, dengan Rekoris atas nama H. Yuswir Arifin, M.M. (Bupati Sijunjung), Hj. Endra Noflida, S.Pd.AUD (Ketua TP. PKK Kabupaten Sijunjung)

Ada juga 1000 kreasi anak PAUD berpakaian unik yang di ikuti 5.000 anak PAUD se Kab. Sijunjung

Dalam acara tersebut hadir Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Kapolres Sijunjung AKBP Driharto, S.Ik, Forkopimda Kab. Sijunjung, Perwakilan MURI Indonesia dan para tokoh se Kabupaten Sijunjung.

Yanis

Berita Terkait