Kabupaten Cirebon, Targetkan Raih Kabupaten Sehat Untuk ke-4 Kali

Cirebon,Beritainspiatif.com – Setiap dua tahun sekali Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan penilaian Kabupaten dan Kota sehat seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Kemenkes akan kembali melakukan penilaian di seluruh Kabupaten dan Kota sehat se-Indonesia, termasuk Kabupaten Cirebon.

“Penilaian bagi Kabupaten dan Kota sehat itu diadakan setiap dua tahun sekali. Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian, mulai dari pariwisata sehat, pemukiman sehat, ketahanan pangan hingga kehidupan sehat,” ujar Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Dr. Edy Susanto, usai rapat koordinasi Kabupaten dan Kota tingkat Kabupaten di aula Paseban Setda Kabupaten Cirebon, Selasa (16/6/2019)

Menurut Edy, sebelumnya Kabupaten Cirebon telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten sehat selama tiga kali berturut-turut dari tahun 2013, 2015 dan 2017.

“Mudah-mudahan tahun 2019 ini bisa mendapat penghargaan lagi. Jadi nantinya empat kali berturut-turut mendapatkan predikat wistara,” ujar Edy.

Dijelaskan Edy, Wistara itu merupakan penghargaan penilaian kabupaten dan kota sehat tertinggi yang mencakup sembilan indikator.

Nantinya, tim akan melakukan penilaian pada lokus berdasar pemilihan yang tepat. Edy mencontohkan salah satu indikator yang masuk dalam penilaian adalah pengelolaan sampah. Di Kabupaten Cirebon, lokus penilaian pengelolaan sampah berada di Desa Ciawigajah, Kecamatan Beber.

“Lokus itu mewakili seluruh pengelolaan sampah di Kabupaten Cirebon. Jadi yang dinilai hanya yang di Ciawigajah saja,” terangnya.

Untuk meraih kembali predikat tersebut, diakui Edy masih ada kendala mengingat waktu pelaksanaan sudah cukup dekat. Sementara lokus baru masih belum ditentukan, sehingga ketika lokus sudah ditentukan akan memerlukan waktu untuk melakukan pembinaan.

“Kendalanya kan sudah dekat waktunya, nanti Agustus. Kita harus menentukan lokus baru sehingga harus melakukan pembinaan sehat,” papar Edy.

Melalui rapat rapat koordinasi tersebut, pihaknya sangat berharap semua pihak yang terlibat bisa bersama-sama mewujudkan kembali Kabupaten Cirebon sebagai peraih predikat wistara. (Dekur)

Bagikan: