JPCH Dorong Pentahelix Wujudkan Curug Roda Destinasi Wisata Kab.Bandung



Kabupaten Bandung, Beritainspiratif.com - Jurnalis Peduli  Citarum Harum (JPCH ) melalui Program Team My Darling (Masyarakat sadar lingkungan) kembali menggelar acara dalam menjaga kelestarian alam bersama masyarakat Desa Mekarjaya, Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung , dengan tema ”Mari Kita Menanam Sebelum Kita Di Tanamkan ”  yang di dukung oleh Satgas Citarum Harum Dansektor 3 Minggu (18/10/2020).

Dansektor  3 di bawah Komando Kolonel Kav.Hudiono  bersama Komunitas Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH) Pimpinan Asep Mulyana dan Panitia pelaksana Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling) Kabupaten Bandung Arbim selaku Panitia Hendra Bunawan (Ucok) dan Martika Edison, melakukan penanaman pohon dan bagi- bagi Masker, Bersama wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan.

Baca Juga:Jabar-terus-dorong-kembangkan-ekosistem-digital-di-pedesaan

Acara ke-4 yang di gelar JPCH ini, dihadiri kurang lebih 300 masyarakat , unsur Muspika, Wakil Bupati, Anggota DPD.RI (Eni Sumarni) DLHK Provinsi, Kepala Desa Mekarjaya (Dindin), BPD ( Bubun ), Pramuka sabilulungan, Hani (Founder Gerakan Hejo), Badega, serta Tokoh Masyarakat dan komunitas lainnya.

Sosialisasi masyarakat sadar lingkungan Terutama yang berkaitan dengan Program Citarum Harum dan pelestarian ekosistem lingkungan yang berada lingkungan sekitar Curug roda yang merupakan obyek wisata yang belum tersentuh, yang konon katanya banyak cerita mistik nya.

Dalam sambutannya Dansektor 3 Kolonel Kav.Hudiono menyampaikan keprihatinannya.

”Kita sangat prihatin melihat kondisi saat ini banyak hutan yang gundul sehingga menyebabkan banjir dan longsor , seperti yang terjadi di Garut selatan dan Tasikmalaya, kita tidak berharap itu," ujarnya.

"Namun kita jangan terlena harus tetap waspada, makanya hari ini kita bersama My Darling melakukan penanaman pohon agar hutan kita terjaga untuk anak cucu kita nanti, mari kita menanam sebelum kita di tanam," ajak Dansektor.

Baca Juga:Satgas-citarum-harum-sektor-22-sidak-ipal-sejumlah-hotel-di-bandung

Sementara Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini.

"Saya selaku wakil bupati Bandung sangat mendukung kegiatan yang dilakukan My Darling serta Dansektor 3 untuk melestarikan alam. Terutama curug roda yang bisa menjadi destinasi wisata, hal ini merupakan aset buat desa mekarjaya.

"Agar curug roda bisa tetap terjaga kebersihan nya apalagi di sini ada mata air yang yang bisa menjadi sumber kehidupan, kalau tidak kita rawat kasihan nanti anak cucu kita kelak bisa kekurangan air." ujar nya.

Lanjut Gun Gun kita menanam hari ini mungkin bukan kita yang memetik tapi nanti mungkin anak cucu kita juga yang menikmati, karena merawat alam ini tugas kita bersama , jadi kami mendukung JPCH lanjutkan terus My Darling amazing," Sambil mengacungkan jempolnya.

Menurut Ketua Panitia Acara Ucok kita perlu dukung curug roda jadi objek wisata.

"Gelaran ini sekaligus untuk mensosialisasikan curug roda untuk di publikasikan, agar menjadi sebuah obyek wisata yang di miliki desa mekarjaya. Selain itu kegiatan ini juga akan terus kami lakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program citarum harum bersama sektor lain nya. Disini kita mencoba berbaur dan berharmony dengan alam dengan balutan diskusi serta sarasehan tentang alam yang harus kita jaga dan kita lindungi bersama," Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua my darling Kabupaten Bandung Arbim mengatakan bahwa JPCH sangat mendukung program citarum ini. 

”My Darling ini merupakan program JPCH, tempat para jurnalis tergabung guna mendukung program citarum harum. kami bukan hanya sekedar memberitakan saja namun kami juga mencoba menjadi pelaku langsung dengan cara membaur dengan masyarakat untuk mensosialisasikan kepada  masyarakat agar sadar untuk menjaga lingkungan," ungkapnya.

“Program ini akan terus di lakukan keliling di tiap sektor yang ada di Citarum , dan terus menggelorakan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” ujar Arbim.

Di bagian lain Ngadi Utomo Ketua Umum, MY DARLING (Masyarakat Sadar Lingkungan), menyampaikan dukungannya terhadap program citarum harum sektor 3.

"Program MY DARLING ini merupakan bentuk dari upaya mendukung program Sektor 3 Citarum Harum dan Pemerintah Kab.Bandung yang telah bergerak cepat untuk menjaga kelestarian alam melalui kegiatan penanaman pohon secara masif, melibatkan seluruh elemen (Pentahelix)," tegasnya.

Terkait peran MY DARLING ditambahkan Ngadi Utomo, upaya yang dilakukan.

"Unsur pemerintah mempunyai political power untuk merumuskan sebuah kebijakan melalui keputusan. Sementara masyarakat atau komunitas disebut social power. Di sinilah peran MY DARLING Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH) diharapkan dapat terlibat dalam proses pembangunan di Kab.Bandung dan Jawa Barat," ungkapnya.

"Selain itu ada akademisi, Melalui kekuatan knowledge power dengan menghadirkan ilmu dapat menghadirkan hidup ini lebih cepat, lebih murah, lebih berfaedah. Selanjutnya adalah unsur pentahelix, yaitu pebisnis atau pengusaha," lanjutnya.

“Yang terakhir dalam pentahelix adalah unsur media,” ungkap Ngadi Utomo yang siap mendukung upaya pelestarian alam dan penanaman pohon dilokasi lahan-lahan kritis," pungkasnya. **

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

3. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait