JNE Bantu Gempa Lombok dan Bangun Shelter



Jakarta, Beritainspiratif.com - Bencana alam gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu, menggugah JNE turut berkontribusi meringankan beban para korban bencana alam dengan menyalurkan dana bantuan hasil pengumpulan dari 6.000 titik layanan JNE dan 40 ribu karyawan JNE se-Indonesia yang terkumpul mencapai kurang lebih Rp 214 juta.

Dana tersebut direalisasikan dalam bentuk bantuan untuk karyawan JNE Mataram dan sekitarnya, serta pembangunan Integrated Community Shelter (ICS), hasil kerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Selain turut serta membantu pembangunan ICS, JNE juga mendukung pembangunan dua shelter di area Lapangan Gondang, Lombok Utara. JNE juga menyalurkan 103 ton barang bantuan dari pelanggan untuk para korban.

"Pembangunan beberapa shelter ini merupakan wujud kepedulian JNE sebagai perusahaan anak bangsa untuk membantu meringankan beban penderitaan para pengungsi korban pascagempa Lombok. Dalam perjalanannya yang hampir mencapai usia 28 tahun di Indonesia, JNE tidak hanya fokus pada perkembangan bisnisnya, tetapi juga berperan aktif dalam menjalankan kegiatan sosial," ujar Direktur JNE Chandra Fireta dalam keterangannya, Selasa (9/10/2018) dari laman JNE.

Chandra melakukan kunjungan ke shelter (ICS) yang berlokasi di area Lapangan Gondang bersama manajemen JNE, dan memberikan bantuan langsung kepada korban pascagempa Lombok yang tinggal di rumah hunian sementara.

Integrated Community Shelter (ICS) adalah area atau kompleks yang terdiri dari beberapa unit rumah hunian sementara (shelter) yang dilengkapi dengan fasilitas toilet umum, rumah ibadah, warung wakaf untuk berbelanja kebutuhan harian, humanity store yang menyediakan paket sembako untuk kebutuhan selama 1 minggu, sekolah darurat, dapur umum, trauma healing, sarana bermain anak, serta pelayanan medis.

JNE juga membantu pendistribusian barang-barang bantuan dari masyarakat ke - 72 shelter ACT yang tersebar di hampir seluruh wilayah Lombok dan sekitarnya.

Setiap shelter dapat melayani kebutuhan para pengungsi di beberapa wilayah, antara lain 13 posko di Kabupaten Lombok Barat (mencakup wilayah Gunung Sari, Narmada, Batu Layar), dan 30 posko di Kabupaten Lombok Utara (meliputi wilayah Pemenang, Tanjung, Kayangan, Gangga, Bayan).

Distribusi bantuan juga dilakukan di 18 posko di Kabupaten Lombok Timur (meliputi Sembalun, Sambelia, Pringgabaya, Pringgasela Terara), 10 posko di Kabupaten Lombok Tengah (meliputi wilayah Kopang, Pringgantara, Batuk Liang), dan 1 posko di Kabupaten Sumbawa Barat (meliputi wilayah Kecamatan Alas).  (Yanis)

Berita Terkait