Jenis Sarapan Praktis Menyehatkan



Bandung, Beritainspiratif.com - Mengawali aktivitas pagi hari tentunya cukup merepotkan bagi orang yang memiliki kesibukan tinggi.

Sarapan merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan sebagai bekal energi dalam menjalani aktivitas selanjutnya.

Mengutip dari laman detik, ada beberapa jenis bahan sarapan yang cukup praktis dengan nutrisi yang memadai

1. Telur

Telur kaya akan protein. Penelitian menunjukkan, sarapan dengan makanan tinggi protein akan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat di siang harinya. Telur cenderung mudah disajikan dan bisa diolah menjadi berbagai varian makanan. Misalnya telur rebus, telur mata sapi, omelette atau telur orak-arik.

"Kecukupan angka protein minimal 8-10 gram per hari tidak hanya membuat perut kenyang, tapi membantu menjaga massa otot sepanjang waktu," ujar pakar nutrisi Susan Mitchell, Ph.D., RD seperti dikutip dari Huffington Post.

Selain protein, telur juga mengantongi nutrisi penting lainnya. Seperti choline (penting untuk daya ingat), karoten dan zeaxanthin (baik untuk kesehatan mata).

2. Pisang

Satu buah pisang ukuran sedang kaya akan serat, vitamin C dan potassium (sebanyak 422 miligram per buah). Kombinasi tersebut membantu mengontrol tekanan darah sehingga emosi lebih stabil untuk mengerjakan berbagai aktivitas. Selain itu, pisang juga memberi tambahan energi dan rasa kenyang sebelum tiba jam makan siang.

3. Berry

Buah-buahan seperti blueberry, cherry, raspberry atau anggur kaya akan antioksidan, vitamin C dan serat. Beberapa penelitian menemukan bahwa buah berry punya zat anti kanker dan bisa melawan berbagai penyakit yang datang karena faktor pertambahan usia. Anda bisa mengonsumsi buah berry dengan yoghurt atau sebagai bahan tambahan dalam salad.

4. Teh

Teh mengandung antioksidan yang disebut flavonoid. Selain bagus untuk kecantikan kulit, flavonoid juga memperkuat daya tahan tubuh dan anti peradangan. Selain itu pada teh hitam atau merah, mengandung L-theanine yang mengaktifkan area di otak yang membuat kita lebih fokus dalam bekerja.

Namun jangan hanya meminum teh saat sarapan karena kalorinya sangat sedikit dan tidak menyediakan cukup energi untuk beraktivitas di pagi hari. Jadikan teh sebagai minuman pendamping sarapan.

5. Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal akan membuat Anda kenyang lebih lama karena merupakan jenis karbohidrat yang dicerna perlahan oleh tubuh. Ketimbang bubur ayam yang terbuat dari beras putih, oatmeal akan lebih lama bertahan di dalam perut.

"Oatmeal akan menyediakan energi berjam-jam karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan ini juga menjaga gula darah pada tingkat yang optimal," seperti yang diungkapkan ahli gizi Smruti Gokhale.

(Kaka)

Berita Terkait