Jembatan Cipatujah Roboh, Dinas Binamarga Segera Bangun Jembatan Darurat



Bandung, Beritainspiratif - Akibat robohnya jembatan Cipatujah, Selasa dini hari tadi, jalur yang menghubungkan Cipatujah dan Tasikmalaya terputus.

Robohnya jembatan, dikarenakan derasnya air sungai Ciandung Kabupaten Tasikmalaya dan menggerus fondasi jembatan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, langsung menginstruksikan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat beserta Satuan Kerja Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), segera mengirim instrumen untuk menanggulangi hal tersebut.

"Saya sudah instruksikan, agar segera membangun jembatan darurat dengan baja (Jembatan Bailey)," kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (6/11/2018).

[caption id="attachment_24326" align="aligncenter" width="700"] Jembatan Cipatujah, Tasikmalaya roboh. Foto : Istimewa[/caption]

Kepala Dinas Perhubungan Prov. Jabar Dedi Taufik, mengatakan dengan robohnya jembatan Cipatujah, arus lalu lintas dari Sindangbarang ke Tasikmalaya untuk sementara dialihkan melalui Pameungpeuk Garut. Sedangkan dari arah Pangandaran menuju Sindangbarang dialihkan melalui Tasikmalaya.

Menurut Dedi Taufik, jembatan tersebut berada pada jalan nasional. Panjang jembatan, diperkirakan 120 m.

"Terputusnya jembatan, karena fondasi tergerus air sungai yang deras, sekitar 60 m,” katanya ketika dihubungi Humas pemprov Jabar, Selasa (6/11/18).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jabar, Dicky Saromi mengungkapkan, pada saat kejadian sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Tasikmalaya diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Guyuran hujan yang cukup lama, membuat luapan aliran sungai Cipatujah di Kecamatan Cipatujah. Selain jembatan roboh, tiga kecamatan juga terendam banjir.

Kecamatan yang terkena dampak adalah Kecamatan Cipatujah, Karang Nunggal, dan Kecamatan Culamega.

"Hingga laporan ini diturunkan, tercatat sedikitnya 50 KK di Kecamatan Cipatujah terendam banjir. Sementara untuk Kec. Karang Nunggal dan Cumaluga masih dalam tahap verifikasi,” katanya.

Ia menambahkan, BPBD Provinsi Jawa Barat telah mengirimkam tim untuk perbantuan dan pendampingan penanganan ke lokasi bencana. (Ida)

Berita Terkait