Jelang Pemilu, Satpol PP Cirebon Gelar Pelatihan Linmas



Cirebon,Beritainspiratif.com - Selama dua hari, ratusan anggota Linmas akan mengikuti pelatihan yang digelar Satpol PP Kabupaten Cirebon.

Dengan dipandu pihak Satbinmas dari Kepolisian Resort (Polres) Cirebon, mereka (Linmas,red) yang mayoritas bapak-bapak itu mengikuti apa pun yang diarahkan oleh pembina.

"Ini adalah pelatihan pembentukan Satlinmas tingkat kecamatan selama dua hari. Ada 50 Linmas, mereka dilatih untuk melakukan pengamanan saat Pemilu nanti," kata Kepala Bidang Linmas pada Satpol PP Kabupaten Cirebon, Sisyanto, kepada sejumlah awak media, Jumat (22/2/2019)

Untuk 50 anggota Linmas yang dilatih, yakni dari Kecamatan Talun, Sumber, Beber, Weru, dan Klangenan Kabupaten Cirebon. Selain untuk menyukseskan Pemilu dengan pelatihan pengamanan, juga agar pada pemilihan kuwu (Pilwu) serentak yang rencannya digelar November 2019 nanti bisa sukses.

"Selain itu, supaya para anggota Linmas yang ada di kita ini juga tetap cinta dan selalu siap menjaga dan menegakan NKRI, Undang-Undang 1945, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika," kata Sisyanto.

Bukan pertama kalinya kegiatan semacam itu dilakukan Satpol PP Kabupaten Cirebon ini. Sebab di 2018 juga sama dengan menghadirkan peserta yang berbeda dari kecamatan-kecamatan lainnya.

Sisyanto mempunyai keinginan agar seluruh petugas Linmas di daerahnya itu bisa merasakan pelatihan yang dilakukan pihaknya. Namun, karena anggaran yang minim, ia pun memberikan pelatihan itu kepada 50 Linmas dari lima kecamatan saja.

"Karena di Bidang Linmas ini paling kecil anggarannya. Maka, kita lakukan semampunya, supaya para petugas Linmas di Kabupaten Cirebon ini bisa lebih baik dalam menjalankan tugas mereka," ungkap Sisyanto.

Meski demikian, di tahun ini, pihaknya pun mempunyai beberapa program yang sudah dan akan direalisasikan. "Di tahun 2019 ini kami ada delapan program berkaitan dengan Linmas,di antaranya yakni peningkatan kapasitas satlinmas, pembentukan dan pelatihan satlinmas, peningkatan siskamswakarsa, dan lainnya," kata Sisyanto.

Dan salah satu program yang akan digelar pihaknya dalam waktu dekat, yakni lomba peraturan baris berbaris (PBB) pada 26-27 Februari 2019. Lomba tersebut akan diikuti oleh seluruh Linmas se-Kabupaten Cirebon.

"Per kecamatan maksimal 12 orang dalam satu regu 10 orang. Jurinya dari Polres dan Kodim. Kegiatan tersebut juga sekaligus memperingati HUT Satpol PP, Damkar, dan Linmas," katanya.

(Dekur)

Berita Terkait