Jelang Lebaran 2019, PT KAI Daop 2 Bandung Tingkatkan Perawatan dan Perbaikan Wesel

Bandung,Beritainspiratif.com – Tiga minggu menjelang hari raya Idul Fitri 2019, PT KAI Daop 2 Bandung semakin meningkatkan perawatan dan perbaikan wesel di seluruh emplasement stasiun se wilayah Daop 2.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kehandalan prasarana kereta api dan keselamatan dan pengaturan jalur kereta.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 2 Bandung Saridal mengatakan, wesel adalah salah satu alat penting dalam pengoperasian kereta api.

Fungsinya untuk mengarahkan arah jalur satu, dua, baik itu untuk KA masuk maupun keluar.

Untuk meningkatkan kehandalan alat ini, petugas PT KAI Daop 2 Bandung, melakukan kegiatan perbaikan dan perawatan wesel di seluruh stasiun Bandung.

“Hari ini kita melakukan normalisasi wesel. Lebar jalur kita normalkan, untuk tahun ini ada 10 wesel yang baru, kita ganti yang lama, wesel-wesel lain kita lakukan normalisasi,” kata Saridal di stasiun Bandung, Selasa (14/5/2019).

Perawatan wesel, lanjut Saridal selama ini dilakukan secara rutin secara siklus tiga bulanan. Namun menjelang lebaran lebih ditingkatkan, karena volume perjalanan kereta bertambah.

Di wilayah Daop 2 Bandung terdapat 394 wesel. Saat ini perbaikan wesel sudah mencapai 85-90. “Seluruh wesel akan selesai diperbaiki pada 25 Mei mendatang atau H-10 lebaran 2019,” ujarnya.

Disamping melakukan perawatan dan perbaikan wesel, petugas juga setiap hari melakukan perawatan lokomotif.

Sementara untuk jalur KA di daerah longsor dan bencana alam lainnya, disiagakan petugas selama 24 jam. “Kami menempatkan petugas di daerah rawan bencana alam, selama 24 jam dibagi dalam 3 shift,” imbuhnya.

Menyinggung tiket KA lebaran, Saridal menuturkan untuk KA reguler sudah habis terjual. Sedangkan tiket KA tambahan lebaran masih tersedia, kecuali tiket KA tambahan Pasundan jurusan Kiaracondong-Surabaya, sudah habis.

Menurut Saridal, pada masa angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop 2 Bandung menjalankan 4 rangkaian kereta api (KA) tambahan.

“Tahun ini kita jalankan 4 KA tambahan yaitu KA Lodaya pagi tambahan dan Lodaya malam tambahan (Bandung-Solo), KA Pasundan tambahan (Kiracondong-Surabaya) dan KA Kutojaya tambahan (Kiaracondong – Kutoarjo),” pungkasnya. (Ida)

Bagikan: