Jelang HWC 2018, Pemkot Bandung Lakukan Pelepasan Pemain di Balai Kota



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung melepas Timnas Homeless World Cup Indonesia 2018 yang akan mengikuti kompetisi Homeless World Cup (HWC) 2018 di Mexico City. Pelepasan dipimpin Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota, Selasa (30/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut Yana mengatakan bahwa Pemkot Bandung mendukung penuh kegiatan tersebut guna memaksimalkan potensi pemuda Indoneaia dalam segala bidang.

"Saya mengapresiaai apa yang akan dilaksanakan, semoga ke depannya bisa lebih memfasilitasi dan memotivasi seluruh pemain dan semua pihak yang tergabung dalam HWC," ujarnya.

HWC, merupakan kompetisi sepak bola tingkat international yang pesertanya adalah kelompok masyarakat yang sering kali mendapat diskriminasi sosial lantaran mengidap HIV/AIDS atau tunawisama.

Menurut salah satu pemain, Eva Dwi Rahmadiani, selain sebatas ajang olah raga, lebih jauh HWC adalah ajang kampanye bahwa semua orang memilki kemampuan dan kelebihan masing-masing.

"Dengan kondisi apapun, saya berharap, terutama teman-teman pecandu, teman-teman ODHA agar tetap semangat, bahwa kita juga berhak hidup layak, bisa berubah menjadi lebih baik dan bisa mengharumkan nama bangsa juga, meski tidak harus selalu dengan sepak bola," ungkapnya.

Hingga kini, pihaknya mengakui stigma buruk masyarakat terhadap kelompok ODHA masih terasa. "Saya kira stigma buruk ke kita dari masyarakat memang masih ada, tapi kita coba kikis sedikit demi sedkit, bahwa kita juga bisa kok berkarya, hidup sebagaimana orang pada umumnya," tambah Eva.

Terkait pemberangkatan, menurut manajer tim, Yana "Jimi" Suryana, sejauh ini berbagai persiapan sudah dilakukan. "Kita sudah siap sekitar 75%, ini kita tinggal nunggu proses pemberangkatan saja, hal-hal lain juga sudah disiapkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Jimi menyampaikan, yang menjadi perhatian utama adalah upaya menjaga psikoligis para pemain mengingat akan melakukan perjalanan udara yang cukup lama.

"Jadi hal yang paling penting sekarang adalah menjaga psikologis pemain, entah itu dari segi psikologisnya segala macem, karena memang dari beberapa berita belakangan ini, itu sangat berdampak buat beberapa pemain, terlebih kemarin pagi ada berita kurang mengenakan, jugakan beberapa pemain ada yang baru pertama kali naik pesawat," ungkapnya.

Mengatasi hal tersebut, lanjut Jimi pihaknya sudah menyiapkan psikolog untuk memberikan semangat dan pembinaan.

Adapaun pemain yang diberangkatkan merupakan hasil dari 70 peserta yang mengikuti seleksi di Mataram, NTB pada 24-26 April lalu. Dan untuk tahun ini jumlah negara yang mengikuti HWC berjumlah 47 negara, salah satunya Indonesia.    (Tito)

Berita Terkait