Jelang HUT Balikpapan Panitia Siapkan Mie Singkong 5000 Porsi untuk Pecahkan Rekor MURI



Balikpapan, Beritainspiratif.com - Kota Balikpapan yang akan berusia 122 tahun, telah disiapkan berbagai acara oleh pantia. Salah satunya dengan mengadakan makan Mie Singkong sebanyak 5.000 porsi, yang rencananya akan jadi sejarah dengan memecahkan rekor Muri Makan Mie Singkong Terbanyak di Indonesia.

Demi mensukseskan sejarah makan mie singkong terbanyak, panitia menyediakan 350 kilogram mie singkong, dan rencananya akan dibagi menjadi 5.000 porsi. "Singkongnya sendiri menggunakan tepung singkong, dari tepung pati. Lebih ke pati asli dari singkong. Bukan tepung biasa," kata Eeng Wangsa, salah satu Panitia HUT Balikpapan yang dilansir Tribunkaltim.

Mie singkong ini dikerjakan selama satu bulan setengah oleh beberapa UKM, salah satunya UKM milik Eeng. Dirinya sendiri dibantu tiga orang keluarganya untuk membuat mie singkong. "Bandingnya 60:40 tepung singkong 60 persen, dan tepung terigu biasa 40 persen," kata Eeng.

Disampaikan Eeng, produksi Tepung Singkong asli dari Pulau Kalimantan, yakni Kota Samarinda, Tenggarong, dan di kilo 13 Balikpapan. "Kami ambil dimana-mana yang ada, yang jelas tepung singkong merupakan hasil tani yang memiliki produksi sendiri," katanya.

Nantinya pada saat HUT Kota tidak hanya menyediakan mie singkong, melainkan makanan lainnya, namun tetap bahan dasarnya singkong, seperti bakso singkong yang benar-benar bahan lokal. "Banyak manfaat dari tepung pati itu sendiri, diantaranya cocok untuk orang diet, autis, dan keterbelakangan," pungkasnya.

(Yanis)

Berita Terkait