Jelang Hari Jadi Kota Cirebon ke-650, Pemkot Gelar Berbagai Kegiatan



Cirebon, Beritainspiratif.com - Sejumlah kegiatan dirancang untuk memperingati hari jadi Cirebon ke 650 tahun ini. Melibatkan banyak pihak, kegiatan ulang tahun dirancang untuk menjadikan Kota Cirebon kota pariwisata terdepan di Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis,usai membuka Caruban Fan Run 2019 dalam rangka ulang tahun Kota Cirebon ke 650. Dimulai dari Hotel Batiqa dan berakhir di area Car Free Day (CFD) di Balaikota, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Caruban Fan Run yang digelar Minggu, 30 Juni 2019, sedikitnya diikuti oleh 500 peserta.

“Kita berupaya untuk memperingati hari ulang tahun Kota Cirebon dengan riang gembira,” ungkap Azis. Karena itu, berbagai kegiatan dalam rangka ulang tahun Kota Cirebon dirancang dengan melibatkan warga Kota Cirebon seperti halnya Caruban Fan Run yang digelar hari ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin harmonisasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat Kota Cirebon. Kerjasama yang baik dengan seluruh elemen masyarakat, Azis percaya bisa membangun Kota Cirebon menjadi kota pariwisata terdepan dan termaju di Jawa Barat.

Sementara itu Ketua Panitia Hari Jadi Cirebon 2019, Agus Sukmanjaya, menjelaskan jika kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kota Cirebon ke-650.

“ Dalam kegiatan Caruban Fan Run ini kita juga bersinergi dengan Polres Cirebon Kota dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73 yang jatuh 1 Juli mendatang,”ungkap Agus.

Selain itu, Pemda Kota Cirebon juga akan bersinergi dengan TNI dalam rangka HUT TNI 5 Oktober mendatang. Ada pun rangkaian Hari Jadi Cirebon tahun ini dimulai dari penyelenggaraan Festival Budaya Sunyaragi (FBS) yang diselenggarakan di Taman Air Goa Sunyaragi, dilanjutkan Caruban Fan Run serta berbagai kegiatan lainnya hingga puncak peringatan hari jadi Cirebon 1 muharram 1441 H (1 September 2019) mendatang.

Dalam penyelenggaraan hari jadi Cirebon tahun ini, diakui Agus mereka bersinergi dengan berbagai pihak. “Ini membuktikan, hanya dengan sinergi yang baik, Kota Cirebon bisa dibangun menjadi daerah yang lebih maju lagi,” ungkap Agus.

Sinergi tersebut bahkan tidak hanya dengan unsur pemerintahan, namun juga dengan seluruh masyarakat yang tinggal di Kota Cirebon.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, juga berharap Pemda Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota dapat bersama-sama bersinergi untuk menciptakan keamanan dan ketertiban untuk warga Kota Cirebon.

“Namun bisa berhasil jika didukung oleh seluruh masyarakat Kota Cirebon,” ungkap Roland. (Yones)

Berita Terkait