Jawa Tengah Tujuan Tertinggi Pemudik Tahun Ini



Jakarta, Beritainspiratif.com - Kepala Badan Litbang Kemenhub Sugihardjo mengatakan pihaknya sudah melakukan riset potensi mudik 2018.

"Dari hasil survei yang dilakukan, diketahui jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek," jelas Sugihardjo seperti dikutip Republika.

Sugihardjo mengatakan, dalam riset yang dilakukan tujuan pemudik tertinggi yaitu menuju Jawa Tengah. Tujuan tertinggi kedua yaitu Jawa Timur, ketiga Jawa Barat, dan keempat yaitu Yogyakarta.

Sugihardjo menjelaskan, riset tersebut juga memaparkan sebanyak 52 persen responden memiliki alasan pemilihan waktu mudik menunggu cuti bersama. Selain itu, berdasarkan survei pemudik, sebanyak 46,7 persen lebih memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi dengan alasan lebih fleksibel, nyaman, serta cepat.

Untuk memeroleh suasana yang kondusif menjelang mudik 2018, Sugihardjo memastikan Kemenhub sudah dengan Jasa Raharja.

"Ini dilakukan agar mudik bisa aman, selamat, dan nyaman," ungkap Sugihardjo.

Tak hanya itu, Sugihardjo menuturkan Jasa Raharja juga menawarkan kemudahan untuk klaim asuransi melalui program dan aplikasi mudik gratis. Selain itu, Kemenhun juga bekerja sama dengan Bina Marga untuk mengetahui kesiapan jalur mudik baik jalan arteri, jalan tol, dan tol fungsional.

Sementara untuk angkutan Lebaran 2018, Sugihardjo mengatakan sarana transportasi ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Untuk transportasi darat, bus mengalami peningkatan sebanyak 1,68 persen dan kereta api mengalami peningkatan sebanyak 2,37 persen.

Untuk kesiapan transportasi laut, lanjut Sugihardjo presentasinya angkutan Lebaran juga meningkat. "Kapal Roro meningkat sebanyak 3,5 pesen dan kapal laut sebanyak 1,17 persen," tutur Sugihardjo.

Sedangkan dari sektor penerbangan, peningkatan yang dihasilkan sebanyak 0,93 persen. Sugihardjo memastikan peningkatan angkutan Lebaran dilakukan agar mengurangi pemakaian kendaraan bermotor pribadi.

(Kaka)

Ilustrasi: beritagar.idÖ

Berita Terkait