Jateng dan Semarang Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2020

Jakarta, Beritainspiratif.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Suharso kembali menyelenggarakan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2020 dan mengumumkan Provinsi Jawa Tengah sebagai pemenang PPD 2020, karena inovasi-inovasi pembangunan daerah yang dilakukan.

“Di antaranya, program pengurangan kemiskinan melalui ‘Satu OPD, Satu Desa Dampingan’, Program Sekolah Tanpa Sekat dan Program Rumah Sakit Tanpa Tembok. Melalui terobosan ini, Jateng mengungguli Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jawa Timur,” ungkap Suharso dalam keterangan tertulis, Kamis (30/4/2020).

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, penghargaan tersebut diberikan untuk masing-masing tiga provinsi, kota, serta kabupaten. Daerah-daerah tersebut dinilai berdasarkan pencapaian serta inovasi dalam pembangunan.

“Kementerian Bappenas kembali mengadakan Penghargaan Pembangunan Daerah kepada pemerintah daerah dengan pencapaian dan inovasi pembangunan terbaik. Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2020 akan diberikan pada 3 provinsi terbaik, 3 kabupaten terbaik, dan 3 kota terbaik,” ujar Suharso saat membuka Musrenbangnas 2020 secara virtual, Kamis (30/4/2020).

Provinsi Terbaik :

Posisi ketiga : Jawa Timur

Posisi kedua : Bengkulu yang unggul dalam pengembangan ekonomi kreatif hingga pariwisata.

Posisi Pertama: Jawa Tengah, yang unggul dengan dengan sinergitas program penurunan kemiskinan melalui satu rakyat daerah satu desa, penguatan pembangunan, peningkatan SDM berdaya saing dengan sekolah tanpa sekat,” sebagaimana dipaparkan melalui video dalam acara tersebut.

Kabupaten terbaik:

Posisi Ketiga: Kabupaten Bangka, yang beralih dari daerah tambang ke pertanian dan pariwisata

Posisi Kedua : Kabupaten Poso, atas keberhasilan meningkatkan kualitas SDM melalui pemberantasan gizi buruk.

Posisi Pertama: Kabupaten Temanggung, keberhasilan dalam peningkatan kesejahteraan, serta pemanfaatan potensi alam dan budaya masyarakat melalui pasar terapung.

Kota Terbaik:

Posisi ketiga: Kota Padang yang berhasil melakukan pembinaan anak jalanan.

Posisi Kedua: Kota Yogyakarta satu tingkat di atas karena pengentasan kemiskinan hingga penguatan modal sosial.

Posisi Pertama : Kota Semarang sebagai kota terbaik, unggul karena berbagai program yang fokus pada pengembangan SDM. (*)

Video Pemenang PPD Tahun 2020

Bagikan: