Jasa Marga Mulai Pasang CCTV di Rest Area



Bekasi, Beritainspiratif.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerapkan sistem pengawasan terpadu berbasis kamera pengintai (CCTV) di 11 tempat istirahat guna menjaga ketertiban dan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Sebagai salah satu upaya memperlancar arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 H, kami melakukan sejumlah pembenahan dan strategi dalam mengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau 'rest area'," kata Juru Bicara PT Jasa Marga, Dwimawan Heru di Bekasi, Selasa (29/5).

Menurut dia, tempat istirahat atau rest area merupakan lokasi yang krusial dalam pelaksanaan arus mudik atau arus balik setiap lebaran dan kerap menyebabkan kepadatan arus lalu lintas di dalam jalan tol sebagai dampak antrean.

Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu melakukan serangkaian upaya guna menjamin kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tol, khususnya bagi pemudik.

"Pada Lebaran 2018, Jasa Marga menerapkan sistem manajemen 'rest area', salah satunya adalah 'rest area monitoring' yang merupakan terobosan baru sebagai sebuah sistem yang dapat mengawasi seluruh wilayah 'rest area'," katanya.

Rest area monitoring merupakan sistem pengawasan terpadu dengan menggunakan teknologi CCTV yang berfungsi untuk 'vehicle counting' dan 'Surveillance' yang dapat mendeteksi jumlah dan jenis kendaraan yang masuk dan keluar tempat istirahat, dikutip dari laman Antara.  (Dudy)

Sumber foto: https://bit.ly/2sexm38

Berita Terkait