Jaga Keseimbangan Peran Ayah dan Ibu, Walikota Bandung Resmikan Sekolah Ayah

Bandung, Beritainspiratif.com – Dalam upaya memberikan edukasi pentingnya peran seorang ayah, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung kini resmi membuka Sekolah Ayah.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, Sekolah Ayah dibentuk sesuai dengan visi Kota Bandung, yaitu Bandung Unggul. Melalui sekolah ayah diharapkan ada keseimbangan antara peran Ibu dan Ayah dalam mendidik seorang anak, sehingga dapat menciptakan SDM yang berkualitas.

“Dengan visi unggul itu dimulai dari bagaimana edukasi penguatan dari keluarga. Saya berharap ke depan Kota Bandung, ketika semua partikel terkecil sebagai komponen warga yang disebut keluarga, maka diharapkan Bandung akan dihuni SDM berkualitas,”ucap Oded, usai meresmikan Sekolah Ayah di Gedung Binangkit, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Senin (24/2/2020).

Dalam sekolah ayah, akan diajarkan bagaimana seorang suami sekaligus ayah dalam rumah tangga. Sebab menurut Oded, di samping peran untuk mencari nafkah, Ayah harus memberikan cinta bagi keluarganya.

“Dengan hadirnya sekolah Ayah harapan saya ada keseimbangan dalam mengimplementasikan perannya masing-masing. Sesungguhnya peran ayah memberikan cinta kepada semua dan menjadi seorang pemimpin dia harus paham. Karena peran ayah sangat berat, disamping pemimpin di rumah tangga kan punya peran untuk mencari nafkah,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala DP3APM Kota Bandung, Tatang Muhtar mengatakan, dalam perkembangan seorang anak, peran Ibu saja tidak cukup. Untuk itu, melalui Sekolah Ayah pihaknya akan menstimulus seorang ayah, bagaimana mengasuh anak jangan sampai terlena karena sibuk dengan pekerjaan.

“Meningkatkan peran ayah, misalnya disela-sela kesibukannya anak perlu komunikasi dengan ayah. Nanti di sana (sekolah ayah) ada konselor, bagaimana ayah memberikan kiat kepada anak-anak,”ucapnya.

Menurutnya, sekolah Ayah sendiri bersifat informal, dan akan berlangsung selama satu minggu sekali di Kantor DP3APM, Jalan Srimolek No.6A, Kecamatan Regol. Bagi orang tua yang ingin mengikuti sekolah ayah, bisa langsung datang ke DP3APM Kota Bandung.

“Sifatnya edukasi dan wawasan. Tahap awal melihat dari sisi edukasi memberikan perhatian ke anak-anak. Kapasitas sementara untuk satu angkatan di sana efektif 20 sampai 30 orang. Selanjutnya bisa di jadwal gedung puspaga, karena sekolah ayah bagian dari puspaga,”jelasnya.

(Mugni)

Bagikan: