Jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), ICSB Siap Kembangkan UKM Cirebon



Cirebon,Beritainspiratif.com - International Council For Small Business (ICSB) yang merupakan dewan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Cirebon siap untuk mengembangkan dan membantu meningkatkan kualitas dari UKM yang ada di Kabupaten Cirebon.

Hal ini disampaikan oleh Ketua ICSB, Hamzah saat menerima kunjungan kerja anggota DPR - RI, Yosep Umar Hadi, Jumat (8/3/2019).

"Ada dua hal yang paling penting terkait berbicara UKM. ICSB itu hadir sebagai dewan UKM yakni untuk peningkatan UKM yang benar-benar menciptakan karya yang belum terupload seperti di Kabupaten Cirebon ini ada 31 ribu pelaku UKM, yang belum tentu masyarakat tahu, kita juga telah bermitra dengan Dinas Koperasi dan Disperindag," ujar Hamzah.

Dikatakan, Hamzah, dalam peningkatan UKM sendiri ada dua yaitu berbasis konfesional dan digital, sementara di Kabupaten Cirebon sangat minim sekali wilayah-wilayah potensi tempat untuk pelaku UKM, untuk itu pihaknya sudah mencanangkan program Presiden Jokowi salah satunya dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) karena Kabupaten Cirebon menjadi salah satu daerah yang terpilih menjadi KEK bersama dengan Bogor.

"Ada dua wilayah di Jabar yang mendapatkan program itu yakni Bogor dan Cirebon ,” terangnya.

Lanjutnya, Kabupaten Cirebon terpilih bukan tanpa sebab tetapi karena latar belakang banyaknya pelaku UKM di Kabupaten Cirebon hingga mencapai 31.402.000 pelaku UKM yang sudah terdata di Dinas Koperasi sebagai naungan pertama untuk ferivikasi pelatihan pembinaan dan pendampingan. Kita bisa memfasilitasi mereka dua hal akses seperti permodalan dan pemasaran. Permodalan dengan kerja sama Bank BJB dan pemasaran dengan galeri, dan kalau tidak ada halangan pas hari lahir Kabupaten Cirebon nanti kita launching galeri UKM yang diberi nama galeri Caruban bertempat di tengah tani.

(Dekur)

Berita Terkait