Jabar - Singapura Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan



 

Bandung, Beritainspiratif.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya mengatakan, Jawa Barat memiliki potensi wisata cukup besar. Kota Bandung, merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Singapura.

Sementara produk sayuran dan buah-buahan asal Jawa Barat banyak dibutuhkan oleh masyarakat Singapura. Komoditi buah-buahan dan sayuran yang banyak diminati, berupa produk organik ddanJawa Barat semakin terbuka bagi pelaku usaha dan wisatawan dari Singapura.

Apalagi dengan adanya penerbangan langsung Bandung-Singapur, diharapkan

aksesibilitas Bandung dan Jawa Barat semakin terbuka bagi pelaku usaha dan wisatawan dari Singapura.

"Beberapa perusahaan dari Jawa Barat, ternyata sudah menyuplai sejumlah pasar di Singapura," kata Ngurah Swajaya usai menghadiri Investment Forum di gedung Bank Indonesia Jawa Barat jalan Braga Kota Bandung, Senin (3/12/2018).

Menurut Ngurah Swajaya, investasi Singapura di Jawa Barat juga terus meningkat.

Sampai kuartal ke tiga tahun 2017, total investasi Singapura di Jawa Barat USD1,064 miliar untuk 620 proyek. Khusus Bandung, total realisasi investasi Singapura bernilai USD3,393 juta untuk 32 proyek.

Demikian pula dengan perdagangan yang potensinya masih dapat ditingkatkan. Total perdagangan Indonesia dengan Singapura periode Januari – September 2018 sebesar USD25,4 miliar, mengalami peningkatan sebesar 18,2% dibanding periode yang sama tahun lalu atau sebesar USD21,5 miliar.

"Sedangkan di sektor pariwisata, jumlah wisatawan asal Singapura ke Indonesia pada Januari – Juli 2018 mencapai 929.106 orang atau naik 9,6% dibanding periode yang sama tahun 2017," ujarnya.

Ia menambahkan, KBRI juga mendorong kerjasama dengan Singapura dibidang ekonomi digital.

"Bandung terkenal sebagai pusat talenta teknologi, namun tidak mengerti bisnis. Kita akan dorong kerjasama dengan Singapura," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Sukarelawati Permana mengatakan, semakin membaiknya

perekonomian Jawa Barat, diharapkan dapat menarik lebih banyak lagi investor Singapura menanamkan modalnya di Jawa Barat.

Dalam lima tahun terakhir, Singapura selalu menduduki peringkat 5 (lima) besar negara mitra utama Jawa Barat.

"Kami harapkan jumlah penanaman modal asing (PMA) dari Singapura ke Jawa Barat semakin meningkat tiap tahunnya,” ujar Sukarelawati.

Forum Investasi diselenggarakan atas kerjasama KPw BI Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kedutaan Besar RI untuk Singapura, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Singapura, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, untuk memperkuat kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Singapura.

 

(Ida)

Berita Terkait