Jabar Raih Penghargaan Pemprov Terinovatif Kedua di IGA 2019



Jakarta,Beritainspiratif.com - Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) meraih penghargaan Pemerintah Provinsi Terinovatif Peringkat kedua, dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (7/10/2019) malam. Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

IGA sendiri digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tujuannya untuk mengapresiasi inovasi pembangunan, yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Emil demikian Ridwan Kamil disapa mengatakan, penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa pelayanan Pemdaprov Jabar semakin cepat, transparan, efisien dan sejumlah terobosan maupun gagasan segar hadir dalam proses pembangunan.

“Alhamdulillah, tahun ini Jawa Barat naik kelas. Kita menjadi provinsi terbaik kedua bersama Jawa Tengah, untuk inovasi-inovasi pemerintahan di Indonesia,” kata Emil.

“Inovasi ini menjadi sebuah semangat, menjadi sebuah identitas bahwa melayani publik harus lebih cepat, lebih transparan. Kemudian juga memaksimalkan efisiensi-efisiensi dan terobosan-terobosan,” lanjutnya.

Menurut Emil, selama satu tahun masa kepemimpinannya dengan Uu Ruzhanul Ulum, Pemdaprov Jabar sudah melahirkan sejumlah inovasi, khususnya di pedesaan. Dia pun optimistis visi Jabar Juara Lahir Batin dapat terwujud dengan terus berinovasi dan berkolaborasi.

“Insyaallah, Jawa Barat banyak orang pintar, perguruan tinggi banyak, setiap hari kita melakukan inovasi. Apalagi, selama setahun kita banyak merilis inovasi di desa, di kota, dan lain-lain,” ucapnya. “Jawa Barat akan juara lahir batin dan tentunya inovasi adalah kebutuhan,” imbuhnya.

Selain itu, Emil akan memotivasi semua Pemerintah Kabupaten/Kota di Jabar untuk terus berinovasi dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan. “Sekarang tugas Jawa Barat ada dua, tidak hanya provinsi (untuk berinovasi), tapi juga daerahnya (kabupaten/kota),” katanya.

“Saya akan motivasi 27 daerah dalam bimbingan kita juga harus hadir menjadi kota/kabupaten terinovatif juga se-Indonesia. Tadi juga sudah diwakili oleh beberapa (kabupaten/kota di Jabar yang mendapat IGA),” lanjutnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, ada peningkatan jumlah pemerintah daerah yang meraih penghargaan dalam IGA 2019.

“Kami ingin sampaikan bahwa ada kemajuan dibanding tahun lalu — (pemda) di tingkat provinsi masih sama (yang mendapat penghargaan pemda terinovatif), tapi di tingkat (pemda) kabupaten/kota muncul daerah baru yang mendapat penghargaan,” kata Tjahjo.

“Dari 534 kabupaten/kota dan (34) provinsi, harapan kami harus tampil berbagai inovasi tapi masih tetap hampir 80 persen itu daerahnya (yang mendapat penghargaan pemda inovatif) masih sama. Saya kira ini (IGA) bisa merangsang (pemda lain) di kemudian hari,” harapnya. (Ida)

Berita Terkait