Jabar Raih Penghargaan Kategori Provinsi 'Informatif'



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menerima Penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) atas capaian sebagai Provinsi 'Informatif' dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik.

Menurut rilis dari Humas Pemprov Jabar yang diterima Beritainspiratif.com, penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, Senin (5/11/18).

Usai menerima penghargaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengelola informasi secara luas dan terbuka.

"Saat ini kita hidup dalam situasi yang sudah sangat terbuka. Sebagai pemimpin tentu kita juga harus terbuka sesuai dengan kebutuhan dan kemauan masyarakat," ujar Emil, sapaan Akrab Ridwan Kamil.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berhasil meraih kategori Provinsi Informatif sebagai hasil dari Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik setelah melalui beberapa tahap penilaian.

Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) Badan Publik Tahun 2018, dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat, guna mengetahui pelaksanaan Keterbukaan Informasi di Badan Publik sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Dalam monev tersebut, Komisi Informasi Pusat menilai beberapa indikator, yaitu Indikator Pengembangan Website, Pengumuman Informasi Publik, Pelayanan Informasi Publik, dan Indikator Penyediaan Informasi Publik.

Tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di bawah komando Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, telah berhasil meningkatkan indeks Keterbukaan Informasi Publiknya dari semula meraih kategori "Provinsi Menuju Informatif" menjadi "Provinsi Informatif".

Kategori ini merupakan kategori tertinggi dengan range nilai 90-100.

Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Sonny S Adisudarma sekaligus sebagai ketua PPID Utama Provinsi Jawa Barat mengatakan, raihan ini dicapai atas kerjasama yang baik dengan seluruh Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat. (Ida)

Berita Terkait