Jabar Kembangkan Wisata Berbasis Air



Bandung,Beritainspirasi.com - Pemerintah provinsi Jawa Barat (Jabar) mencanangkan Jabar menjadi provinsi turis atau tourism province.

Asisten dua bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Jawa Barat Eddy Nasution mengatakan, selain keindahan alam Jabar dianugerahi air yang cukup banyak. Topografinya juga memungkinkan adanya tampungan-tampungan air.

"Potensi air yang cukup besar itu, akan dikembangkan menjadi wisata berbasis air," kata Eddy Nasution pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di gedung Sate kota Bandung, Kamis (29/9/2019).

Menurut Eddy, untuk mengembangkan wisata berbasis air, mulai tahun 2019 ini pemprov Jabar melalui Dinas Sumber Daya Air melakukan penataan dan merevitalisasi sejumlah situ,waduk dan sungai agar dapat menarik wisatawan.

"Mulai tahun ini kami mengembangkan wisata air, dengan membangun infrastruktur air agar dapat dinikmati tidak hanya oleh masyarakat Jawa Barat tapi juga diharapkan bisa mendatangkan wisatawan dari mancanegara," ujarnya.

Ada empat situ, waduk dan saluran air di Jabar yang akan ditata dan direvitalisasi mulai tahun 2019.

Kepala Dinas Sumber Daya Air prov. Jabar Linda Al Amin menuturkan penataan dan revitalisasi akan dilakukan pada Kalimalang Bekasi, Situ Ciburuy Bandung Barat, Waduk Darma Kuningan dan situ Rawakalong Depok.

"Ground breaking pembangunan keempat situ dan saluran air tersebut akan dilaksanakan minggu depan, dipusatkan di Kalimalang," ucapnya.

Tahun ini lanjut Linda, pembangunan infrastruktur air berupa sempadan air, taman, monumen dll. Seluruhnya diluar badan air.

"Saat ini kendala yang dihadapi untuk pembangunan infrastruktur air, adalah perijinan karena situ dan waduk dikelola oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," pungkasnya. (Ida)

Berita Terkait