Jabar Bangun Lima Unit SMK Tahun Ini

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) tahun ini membangun lima unit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin mengatakan ke lima unit sekolah berada di daerah Kalipucang Pangandaran, Panumbangan Kabupaten Ciamis, Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya, Sukabumi dan Kuningan.

Menurut Dodin, ia telah bertemu dengan pihak ketiga yang akan bekerjasama dalam pembangunan tersebut. Pembangunannya ditargetkan selama 90 hari atau 3 bulan hingga akhir Desember 2018 mendatang.

“Ini waktunya terbatas, sudah bertemu dengan pihak ketiga. Terget saya sebelum 15 Desember 2018, walau pun kontrak sampe 25 Desember 2018, akan tetapi lebih baik kalau lebih cepat, ” ujar Dodin di kantornya, Dinas Pendidikan Jawa Barat Jalan Dr. Rajiman No.6 Kota Bandung (12/10/2018).

Dijelaskan Dodin, di lima daerah tersebut saat ini ada beberapa sekolah yang sudah berdiri, akan tetapi bergabung dengan sekolah lain (sekolah satu atap).

Dengan adanya unit sekolah baru, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan akses pendidikan, apalagi sekolah dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Kompetensi untuk sekolah yang dibangun, mempertimbangkan potensi daerah dan harus memiliki konsep keterkaitan dan kesepadanan (link and match) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“Kompetensinya tergantung dengan daerah masing-masing. Misalnya di Pangandaran tidak jauh dari kelautan dan pariwisata,” ujar Dodin. (Ida)

Bagikan: