Iwan Fals, Dari Lagu Oemar Bakri Dia Jadi Sosok Legenda Musik Indonesia

Beritainspiratif.com – Virgiawan Listanto yang namanya lebih dikenal dengan panggilan Iwan Fals, adalah musisi legendaris di Indonesia.

Kebanyakan karya yang telah ia ciptakan adalah bentuk dari kritik sosial kehidupan rakyat Indonesia yang dikemas secara apik menjadi sebuah lagu. Tak heran jika karyanya dapat mewakilkan suara masyarakat.

Pria kelahiran 1961 ini adalah anak dari pasangan Harsoyo dan Lies. Di tahun 1980 ia resmi menikah dengan Rosana dan telah diruniai tiga orang anak.

Bakat bermusik sudah ia rasakan sejak masih remaja. Kala itu ia senang bermain gitar, ia bahkan mengamen berkeliling Bandung untuk mengasah kemampuan bermain gitarnya.

Ia juga bisa menciptakan lagu, tetapi saat itu ia menciptakan lagu dengan lirik-lirik humor. Pada akhirnya ada seorang produser dari Jakarta datang ke Bandung untuk menawarinya untuk masuk ke dapur rekaman.

Ia menyetujuinya dan hijrah ke Jakarta. Album pertama pria asal Bandung ini berjudul Amburadul, tetapi ternyata album itu tidak laku di pasaran.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Musica Studio dan merilis lagu di tahun 2001 yang berjudul “Sarjana Muda”. Salah satu lagu ikonik Iwan Fals adalah “Oemar Bakri”.

Lagu tersebut menggambarkan kondisi guru dan kesejahteraannya. Ketika namanya sudah mulai naik di dunia musik ia tetap melakukan kegiatan mengamennya dari rumah ke rumah.

Berbagai penghargaan yang kemudian ia dapatkan dari karya-karya yang sudah ia buat. Selain di dunia musik, Iwan Fals ternyata merupakan atlet karate yang berprestasi.

Ia pernah meraih gelar juara II Karate Nasional dan Juara IV Karate Tingkat Nasional di tahun 1989. Iwan Fals juga sempat menjadi kolumnis di beberapa majalah olahraga. ***

Bagikan: