ITB Terpilih Sebagai Excellent University di Ajang Huawei ICT Academy 2020



Bandung, Beritainspiratif.com - Institut Teknologi Bandung terpilih sebagai Excellent University dalam kompetisi Huawei ICT Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut disampaikan dalam acara Awarding Ceremony Huawei ICT Competition 2020 secara daring atau virtual, Sabtu (19/12/2020).

Dalam ajang Huawei ICT Competition 2019-2020, ITB berhasil menjadi juara pertama di tingkat regional Asia Pasifik dan di tingkat dunia untuk kategori network dan cloud. Selain itu, ITB juga mendapatkan penghargaan sebagai Top Global Excellent Partner 2020 yang dianugerahi pada acara Huawei Connect 2020. Pada ajang tersebut tim ITB meraih juara ke-2 untuk kategori network track, dan juara ke-1 untuk kategori cloud track.

Baca Juga:Digelar-bappenas-2-mahasiswa-unpad-juarai-kompetisi-duta-kampus-sdgs-indonesia

Rektor ITB Prof. Wirahadikusumah, Ph.D.,  mengatakan, penghargaan ini merupakan hadiah dan sekaligus perwujudan hasil kerja keras, tim dosen dan mahasiswa ITB yang telah berjuang dan berperan aktif dalam berbagai kegiatan terkait Huawei ICT Academy di ITB setahun belakangan, meskipun berada dalam situasi sulit pandemi COVID-19. Tugas-tugas dari dosen menumpuk tapi masih sempat berprestasi cemerlang.

"Terima kasih kepada Huawei yang sudah memberikan wadah bagi mahasiswa untuk belajar lebih dekat mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diterapkan di dunia industri saat ini, melalui beberapa program unggulan, salah satunya adalah Huawei ICT Academy dan Huawei ICT Competition ini," ujarnya seperti dilansir di laman resmi ITB.

Rektor berharap, kerja sama dan kolaborasi ITB dengan Huawei, yang telah lama terjalin, mampu terus dilanjutkan dan ditingkatkan guna membangun dan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia masa depan yang kompeten di bidang industri ICT ini.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemdikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., Direktur HRD Huawei Indonesia Dani K Ristandi, Direktur Delivery and Service EBG Huawei Albert, Direktur Enterprise Channel EBG Huawei Mitchell, Presiden CABG Huawei Jason,

Herman, Direktur Computing CABG Huawei, Herman, Direktur Business Development CABG Huawei, Titan, dan tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Nizam berharap, melalui ajang ini dapat meningkatkan sinergi di tataran penta helix di Indonesia. Kemendikbud menurutnya sangat mendukung sinergi industri dan pendidikan tinggi.

"Huawei ICT Competition diikuti oleh 88 perguruan tinggi di Indonesia. saya berhadap kepada mahasiswa yang sukses di tingkat nasional, dapat berjaya pula di tingkat regional," ucapnya.

Perwakilan dari Huawei Dani K. Ristandi memaparkan bahwa dengan kompetisi ini, Huawei ingin membangun komunitas ICT talent di indonesia. Kemendikbud, ITB dan Huawei diharapkan dapat berkolaborasi lebih lanjut dalam membangun lingkungan ICT yang lebih progresif.

"Huawei sangat memberikan penghargaan yang tinggi pada Dikti Kemendikbud dan Perguruan Tinggi yang mengikuti kompetisi ini," ujarnya.

Yanis

Baca Juga:

Berita Terkait