ITB Kampus Cirebon Akan Berdiri di Arjawinangun Tahun 2020



Cirebon, Beritainspiratif.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan guna peningkatan kualitas SDM, di Kabupaten Cirebon akan segera berdiri Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat ini Pemkab Cirebon dan Kemenristekdikti telah menandatangi kesepakatan hibah dan pinjam pakai tanah yang akan difungsikan sebagai kampus ITB.

"Saya sangat mendukung pembangunan perguruan tinggi di daerah. Karena sesuai dengan program Jabar Juara. ITB dan Kabupaten Cirebon sudah merealisasikannya," ucap Uu usai menghadiri penandatangan hibah dan pinjam pakai tanah kampus ITB di Asrama Haji Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (21/9/2018).

Pendidikan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Dan tentunya harus didukung dengan sarana dan prasana, ujar Uu.

Pemprov Jawa Barat mengapresiasi langkah Pemkab Cirebon yang menghibahkan asetnya untuk pendidikan. "Terima kasih Pemkab Cirebon. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di sini, baik dalam bidang ekonomi, tenaga kerja, dan lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Rektor ITB Kardasah Suryadi mengatakan saat ini ITB kampus Cirebon sudah menjalani proses perkuliahan. Namun, lanjut Kardasah, proses perkuliahan tersebut masih dilakukan di Jatinangor, Sumedang.

Rencananya kampus ITB di Cirebon akan difungsikan secara normal pada tahun 2020 mendatang, di Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, dan anggaran pembangunan bersumber dari Pemprov Jawa Barat

Penerimaan mahasiswa baru baru dapat dilakukan 30 sampai 40 orang untuk satu prodi, kedepan akan ditambah lagi.  (Yanis)

Berita Terkait