IPB Yakinkan Kelangsungan Studi Mahasiswa IPB Asal Sulteng



Bogor, Beritainspiratif.com – IPB menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan kepada mahasiswanya yang berasal dari Palu, Donggala dan Sigi untuk pulang ke kampung halaman untuk melihat kondisi keluarganya bila ada yang memerlukannya, demikian disampaikan Rektor IPB Dr Arif Satria dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (2/10/2018).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB Dr Drajat Martianto mengatakan bahwa IPB akan menentukan cara pemberangkatan para mahasiswa tersebut, yang saat ini masih didata jumlahnya.

"Apakah nantinya akan menggunakan penerbangan komersil atau kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara," ujarnya.

Untuk mahasiswa IPB yang berdampak serius terhadap perkuliahan, IPB akan berupaya mencarikan sumber beasiswa yang ada guna kelangsungan studi di IPB, ataupun untuk biaya hidup selama di Bogor.

"Untuk itu, pendataan ini sangat penting, apakah rumah keluarga mahasiswa itu ikut hancur atau tidak. Kemudian bagaimana kehidupan keluarganya dan lain-lain,"ujarnya.

IPB juga siap menerima mahasiswa Universitas Tadulako yang terkena dampak gempa untuk mengikuti pendidikan di IPB melalui skema credit earning secara gratis (bebas UKT) tentunya untuk program studi yang relevan.

IPB pun akan membantu melakukan Revitalisasi Pertanian Pasca-bencana di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

" IPB akan fokus pada tahap kedua yakni pada community development. Kita akan manfaatkan data dari berbagai pusat studi di IPB untuk melakukan kegiatan penanganan pasca gempa di sana," tutup Drajat.    (Yanis)

Berita Terkait